blank
Bupati melantik pejabat eselon, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-
Bupati Zaenal Arifin melantik dan mengambil sumpah janji 43 pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator di lingkungan Pemkab Magelang. Pelantikan dilaksanakan melalui zoom meeting dari rumah dinas Bupati, Kamis (29/7).

Bupati mengatakan, pelantikan merupakan ketentuan normatif kepegawaian yang dilaksanakan terhadap pejabat struktural yang menduduki jabatan baru. Baik karena mutasi horisontal seperti pergeseran dari suatu jabatan ke jabatan lain yang setingkat, maupun mutasi vertikal yakni ke jabatan lain yang lebih tinggi atau promosi. “Ini bagian dari upaya penyegaran sekaligus dalam rangka mewujudkan optimalnya kinerja Pemerintah Kabupaten Magelang ke arah yang lebih baik,” katanya.

Hari ini dia melantik pejabat dalam suasana pandemi Covid-19. Namun itu tidak menjadi hambatan untuk terus produktif. “Saudara yang dilantik untuk menunjukkan tekad yang kuat, bersemangat inovasi, penuh kejujuran, dan berdedikasi tinggi dalam mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19,” pinta Zaenal Arifin.

Bupati juga minta pejabat eselon II dan III untuk benar-benar bisa menggerakkan dan mengoptimalkan sumber daya yang ada, guna mendukung arah kebijakan Pemkab Magelang tahun ini di tengah terpaan pandemi melalui gerakan Eling lan Ngelingke. Itu sesuai Surat Edaran Bupati Magelang tanggal 28 Juni 2021, tentang Pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke (Ingat dan saling mengingatkan) untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Magelang.

Pejabat Eselon II dan III dapat diibaratkan sebagai peramu dan juru masak kebijakan, sehingga kebijakan suatu organisasi pemerintah akan banyak ditentukan oleh kemampuan, komitmen, integritas dan loyalitas para pejabat eselon II dan III dalam menemukan dan meramu bahan baku yang tepat dalam setiap rancangan kebijakan yang diambil. Kemudian disampaikan kepada pimpinan dan diharapkan bisa menjadi roda penggerak organisasi dan bergulirnya fungsi-fungsi manajemen serta administrasi. “Baik yang dilakukan secara sinergis, paralel, maupun parsial oleh setiap unit kerja,” tandasnya.

Bupati juga berpesan pejabat senantiasa melaksanakan dan meningkatkan tugas fungsi dan pelayanan publik. Agar perbaikan kualitas pelayanan pemerintah terhadap masyarakat luas dapat terus meningkat dalam rangka mewujudkan visi misi Pemkab Magelang.

“Bekerjalah secara tim dan senantiasa menjaga keterpaduan. Sebab bersama-sama adalah sebuah awal, menjaga kebersamaan adalah sebuah perkembangan, dan bekerja bersama adalah sebuah kesuksesan,” tegasnya.

Eko p