blank
Istri Dico, Chacha Frederica sedang memegang kepala sapi.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID) – Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyiapkan 20 ekor sapi untuk masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal.

Selain itu pihaknya juga menyiapkan dua ekor sapi besar yang akan dipotong di rumah dinas bupati Kelurahan Jetis.

“Alhamdulillah tahun ini total lebih dari 20 ekor sapi. Dua ekor sapi akan kami sembelih di rumah dinas. Yang satu ekor lagi akan kami berikan kepada masyarakat Kendal yang belum mampu berkurban,”kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto

Dico menjelaskan, bahwa satu sapi yang berbobot lebih dari 1 ton itu, proses pencariannya cukup sulit hingga sampai berkeliling ke sejumlah peternakan yang ada di Kabupaten Kendal untuk mendapatkan sapi tersebut.

“Insya Allah, saya niatkan kurban ini untuk masyarakat Kendal yang belum mampu berkurban. Semoga Allah meridhoi niat kami, dan ini bisa membantu masyarakat Kendal,” jelasnya.

Sedangkan pemotongannya sendiri akan diselenggarakan besok Rabu, 21 Juli 2021 sekaligus pembagian dagingnya.

Dico mengimba kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan selama proses penyembelihan, yaitu 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas) agar tidak timbul klaster baru dalam pasca kegiatannya.

Diharapkan pula panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik untuk membagikan daging. Hal ini dalam rangka untuk mengurangi penggunaan sampah plastik di Kabupaten Kendal.

Panitia atau penerima daging dapat menggantinya dengan daun pisang atau anyaman bambu atau bahkan penerima juga dapat membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang.

“Saya berpesan dalam rangka Idul Adha ini, kaum muslim untuk bisa berkurban. Dan yang penting pada waktu sekarang ini kita bersama-sama gotong royong untuk mengatasi Covid 19,” ujar Dico.

Sementara, istri Dico, Chacha Frederica, sambil membersihkan sapi kurbannya, mengingatkan kepada masyarakat dan panitia kurban untuk merawat sapi atau kambing yang akan dikurbankan dengan baik, yaitu memberikan makanan yang sehat dan banyak sebelum disembelih. Sp