blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny Iin Windarti dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih memanen buah melon di pekarangan kompleks Pendopo, Senin 19/7.(Foto:SB/Ist(

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Orang nomor satu di Kebumen H Arif Sugiyanto SH ternyata hobi berkebun. Bahkan pria mantan polisi ini pun menyulap perkarangan kosong di belakang Pendopo Rumah Dinas Bupati, menjadi perkebunan cantik dengan aneka ragam buah dan sayuran.

Perkebunan itu secara resmi dinamai “Kebun Kita Agri Smart”.  Bupati menyampaikan, ide pembuatan kebun ini berawal dari kunjungan kerjanya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Petanahan, pada 8 April 2021 lalu.

Desa Jatimulyo Petanahan menjadi desa percontohan yang baik dalam pemanfaatan pekarangan menjadi lahan produktif. Sejak Sabit Banani yang juga aktivis desa dan penulis terpilih  sebagai Kades Jatimulyo, potensi desa tersebut belakangan ini semakin maju dan berkembang.

blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono memanen bayam.(Foto:SB/Ist)

“Kita tahu kemarin sempat meresmikan program Kembang Kenari (Kekuatan Masyarakat membangun Kebun Pangan Lestari) di Jatimulyo, Petanahan. Masyarakat di sana bagus karena  mampu memanfaatkan pekarangan kosong menjadi lahan produktif. Ini sangat menginsipirasi,”aku Bupati, Senin (19/7/2021).

Dari situ Arif Sugiyanto kemudian memiliki ide untuk memanfaatkan lahan kosong di belakang Pendopo. Selanjutnya membuat perkebunan dengan desain taman yang menarik. Selain perkebunan, sebagian lahan juga dibuat kolam ikan.

“Kebetulan di belakang Pendopo ini ada sedikit lahan kosong. Jadi kita ikut memanfaatkan lahan ini untuk ditanam sayur-sayuran dan buah-buahan. Kita juga buat kolam ikan, jadi perkebunan semi taman, karena bisa dibuat untuk rapat,”ujar Bupati.

Menurut dia, ketahanan pangan merupakan salah satu masalah yang harus ditangani bersama tidak hanya oleh pemerintah namun harus didukung aktif oleh peran serta masyarakat.

blank
Bupati Arif Sugiyanto juga membuat kolam lele di pekarangan belakang Pendopo.(Foto:SB/Ist)

Untuk itu Bupati mengajak masyarakat bisa memanfaatkan sisa lahan pekarangan di sekitar rumah sebagai ketahanan pangan keluarga terlebih di masa pandemi ini.

“Saya berharap Kebun Kita bisa dijadikan pembelajaran dan dimanfaatkan untuk eduwisata kelompok pertanian atau siswa sekolah ataupun masyarakat kebumen pada umumnya untuk diterapkan dilingkungan masing-masing sehingga hasil pertanian dipekarangan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.”

Selain itu, lanjut Bupati, apabila Kebun Kita dikembangkan dengan didukung teknologi mumpuni dan pemanfaatan lahan kosong dimaksimalkan tentu saja bisa dijadikan sumber penghasilan pangan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Ny Iin Windarti Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih bersama Sekda Ahmad Uang Sugiono dan jajaran terkait memanen perdana Kebun Kita buah melon emas dan sayur bayam. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman cabai dengan media polibag.

Komper Wardopo