blank
Calon pengguna jasa kereta api jarak jauh tengah menanti giliran mendapat layanan  vaksinasi di Stasiun Solo Balapan. (Dok/ KAI Daop 6)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 1.480 penumpang kereta api (KA) jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Solo Balapan dan Yogyakarta mendapatkan vaksinasi  gratis dari PT KAI  Daop 6 Yogyakarta.

Program vaksinasi gratis di stasiun merupakan upaya KAI mendukung program pemerintah, serta membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh di masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub No 42 Tahun 2021.

“Masyarakat sangat antusias akan hadirnya layanan ini di berbagai daerah. Terbukti pada periode 3 sampai dengan 17 Juli 2021, peserta Vaksinasi covid-19 gratis di stasiun Yogyakarta sebanyak 733 dan stasiun Solobalapan sebanyak 747”, kata Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto, Minggu (18/7).

Hadirnya layanan pemberian vaksin di stasiun, lanjut  Supriyanto, bertujuan untuk mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 yang sedang digalakkan pemerintah.

Masyarakat yang  memang harus tetap bepergian pada masa PPKM Darurat ini merasa sangat terbantu karena dapat melengkapi persyaratan bepergian yang telah ditetapkan pemerintah.

Syarat mengikuti vaksinasi covid-19 gratis di stasiun yaitu berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA jarak jauh yang berlaku, KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin covid-19.

Kepada calon pelanggan KA yang akan melakukan vaksinasi covid-19 di stasiun, hendaknya  merencanakan dengan baik waktu antara vaksinasi, rapid test antigen, dan jadwal keberangkatan KA-nya. Tujuannya guna menghindari keterlambatan naik Kereta Api.

Kuota yang tersedia di stasiun jumlahnya terbatas.  Untuk stasiun Yogyakarta dan Solobalapan , masing masing sebanyak 50 orang/hari. Stasiun yang telah membuka layanan fasilitas Vaksinasi Covid-19 Gratis sebanyak 13 buah. Yakni Gambir,

Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Malang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Jember, terangnya.

Bagus Adji