blank
Masyarakat Surakarta antusias mengikuti proses vaksinasi di Balikota Surakarta. Foto: Dok/ist

SOLO (SUARABARU.ID) – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi meninjau pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Balaikota Surakarta, Sabtu (17/7/2021).

Sebanyak 1.000 dosis vaksin diberikan kepada warga Surakarta. Mereka (warga Surakarta) terlihat antusias mengikuti vaksinasi, dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Budi Gunadi mengatakan, Kota Surakarta menjadi salah satu kota dengan vaksinasi tertinggi. Pihaknya akan terus menambah dosis vaksin agar Herd Imunity segera terbentuk.

Selain meninjau vaksinasi, juga telah disiapkan 1.000 paket sembako yang dibagikan untuk masyarakat terdampak PPKM Darurat di Surakarta.

“Kita juga memikirkan masyarakat yang terdampak, pada situasi PPKM ini kita luncurkan bantuan sosial,” terangnya.

Diketahui, total seluruh bansos yang diberikan Pemerintah untuk masyarakat Jawa Tengah yang terdampak PPKM Darurat mencapai 30.000 paket sembako, dan 147 ton beras.

Sebelumnya pada Jumat malam (16/7) Kapolri telah berkeliling membagikan sembako untuk para pedagang, pemilik warung dan warga sekitar Kota Surakarta.

Saat berdialog dengan warga, Mantan Kabareskrim tersebut juga meminta agar warga tidak sungkan untuk melaporkan kepada polisi bila bansos sudah habis.

Kapolri berharap bantuan dari pemerintah ini bisa meringankan beban warga agar bisa melewati pandemi Covid-19.

Panglima TNI dan Kapolri juga membuka kesempatan untuk masyarakat yang memiliki kemampuan di bidang kesehatan, untuk bergabung menjadi vaksinator.

“Bagi masyarakat, relawan, aktivis, maupun rekan mahasiswa yang mempunyai kemampuan menjadi vaksinator, silakan bergabung,” ajak Sigit.

TNI-Polri tengah melakukan akselerasi percepatan vaksinasi Covid-19, agar kekebalan masyarakat terhadap pandemi Covid-19 bisa segera tercapai.

Ning