blank
Seorang gadis ketakutan dan sempat meronta-ronta ketika hendak disuntik vaksin. Foto: dok/ist

MANADO (SUARABARU.ID)– Seorang gadis terlihat ketakutan dan meronta-ronta, ketika akan disuntik vaksin covid-19. Dengan sekuat tenaga dia mencoba mengelak dari jarum suntik yang sudah disiapkan. Dibantu ibu dan petugas kesehatan, akhirnya jarum suntik itu biasa menembus lengan kiri gadis itu, meski dengan susah payah.

Hal itu terjadi, saat dilakukan vaksinasi khusus untuk anak usia 12-17 tahun, yang bertempat tinggal di sekitar lingkungan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Kelurahan Lapangan di Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Rabu (14/7/2021). Bukan hanya satu saja peserta yang takut jarum suntik, tetapi ada beberapa yang merasa “ngeri” saat akan disuntik vaksin, yang dipusatkan di Gedung Balai Prajurit, Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado ini.

”Kami berharap, kegiatan rutin vaksinasi ini dapat meng-cover seluruh lapisan masyarakat. Khususnya usia 12-17 tahun yang bertempat tinggal di sekitar lingkungan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi,” jelas Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Lanud Sam Ratulangi, Mayor Kes dr Ahmad Fauzi, seperti dalam rilis Pentak Lanud Sam Ratulangi, Rabu (14/7/2021).

BACA JUGA: Ditrekrimsus Polda Tangani Kasus Penipuan Arisan Daring

Ditambahkan dia, manfaat yang didapatkan dari vaksin adalah, peningkatan kekebalan tubuh terhadap virus corona. Sehingga dengan sendirinya, akan memotong jalur penularan covid-19.

”Selama pelaksanaan vaksinasi ini tidak ada lagi kendala yang berarti. Sebab masyarakat sudah cukup cerdas, bahkan telah menyadari pentingnya vaksinasi bagi ketahanan tubuh guna menangkal covid-19,” imbuh dia.

Sementara itu, Kristi, remaja usia 13 tahun, mengungkapkan ada perasaan gugup dan takut, saat akan disuntik vaksin. Namun pendampingan orang tua sangat membantunya untuk berani disuntik vaksin.

BACA JUGA: Cegah Warga Nongkrong di Malam Hari, Lampu PJU di Kota Magelang Dipadamkan

”Saya sangat senang. Terima kasih kepada pemerintah dan Rumah Sakit TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi Manado, yang telah menginisiasi vaksinasi bagi kami. Harapan saya, agar semua masyarakat mendukung apa yang sudah diprogramkan pemerintah,” kata Putri seorang Mahasiswi di salah satu Perguruan Tinggi di Manado tentang kegiatan vaksinasi di Lanud Sam Ratulangi.

Kegiatan vaksinasi anak ini dilaksanakan rutin dua kali dalam seminggu, Senin dan Rabu, di Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi. Terik matahari yang menyengat, tidak melunturkan semangat masyarakat Mapanget, untuk datang dan antre di depan tenda darurat TNI, yang ada di halaman parkir Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi.

Sebelumnya, masyarakat yang ingin ikut divaksin, harus mendaftar secara online di https://www.vaksinhebat.idsolution.co.id/. Dengan bekal pengenal diri serta mengisi formulir yang telah disediakan, demi kelancaran penerimaan vaksin. Protokol kesehatan terus ditegakkan, sesuai perintah Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado, Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo SH.

Riyan