blank
Roberto Mancini/dok

(SUARABARU.ID) – Menjadi dua gelar bagi Italia, atau malah yang pertama buat Inggris. Akhir itulah yang bakal terjadi selepas final Piala Eropa 2020.

Gli Azzurri akan meladeni The Three Lions pada partai puncak Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) pukul 02.00 WIB.

Italia membidik juara Eropa yang kedua setelah sukses pada 1968. Sementara Inggris mengincar gelar pertama.

Meski berstatus favorit, Gli Azzurri bakal tampil lepas, tanpa beban. Pelatih Roberto Mancini meminta skuadnya bermain seperti laga pertama.

‘’Inggris diuntungkan dengan dukungan penonton yang lebih banyak dari kami. Namun, dengan fokus dan gembira, kami yakin bisa menang pada final nanti,’’ ujar Mancini dalam laman resmi Uni Sepak Bola Eropa (UEFA).

Giorgio Chiellini, kapten Timnas Italia, sepakat dengan sang pelatih. Dia bersama rekan-rekannya siap bermain tanpa beban.

‘’Kami akan menikmati pertandingan, dan memberikan yang terbaik seperti biasa,’’ tandas Chiellini.

Di kubu Inggris, pelatih Gareth Southgate menyatakan pertandingan ini wajib dimenangkan untuk memecah kebuntuan. Tiga Singa gagal berjaya sejak meraih Piala Dunia 1966.

Ggelandang Jordan Henderson menuturkan skuadnya fokus penuh untuk menghadapi tantangan terakhir. ‘’Kami akan berusaha membuat bahagia setiap orang di stadion dan negara kami,’’ tutur pemain Liverpool ini.

Perkiraan Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson; Barella, Jorginho, Verratti; Chiesa, Immobile, Insigne.

Inggris (4-2-3-1): Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Phillips; Saka, Mount, Sterling; Kane.

rr