blank
Ganjar Pranowo meninjau Grab Vaccine Center Semarang, dan berbincang dengan salah satu penerima vaksinasi, di Kantor Kecamatan Pedurungan, Semarang, Rabu (7/7/2021). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pelaksanaan vaksinasi dengan menggunakan metode Drive-Thru untuk kendaraan roda dua dan Walk-In bagi 10 ribu pelaku UMKM, pekerja publik sektor transportasi seperti mitra pengemudi dan pengantaran Grab, serta lansia, ternyata banyak diminati.

Kegiatan pusat vaksinasi ini digelar bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, Dinas Kesehatan, Grab dan Good Doctor. Untuk gelombang pertama vaksinasi, Grab Vaccine Center Semarang yang berlokasi di Kantor Kecamatan Pedurungan, beroperasi sejak 28 Juni hingga 30 Juli 2021.

City Manager Central Java, Grab Indonesia, Ramdan Fitriyadi, menyampaikan, sesuai dengan misi Grab For Good, Grab berkomitmen menjadi mitra terpercaya pemerintah dalam memerangi pandemi.

BACA JUGA: Tutup Enam Jalan Protokol Pada PPKM Darurat di Solo

Salah satunya dengan mendukung program vaksinasi Nasional, melalui Grab Vaccine Center, demi mempercepat proses vaksinasi, agar segera terbentuk herd immunity. Pusat vaksinasi ini juga memfasilitasi para pelaku UMKM, yang mencakup mitra merchant Grab Food dan agen Grab Kios di Semarang.

”Semoga hal ini dapat memberikan perlindungan bagi mereka yang merupakan tulang punggung perekonomian, sehingga bisa bertahan dan berkontribusi untuk mempercepat pemulihan ekonomi daerah,” kata Ramdan dalam keterangannya di Semarang, Kamis (8/7/2021).

Menurut dia, pusat vaksin ini menggunakan pendekatan yang mengedepankan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi penerima vaksin. Mulai dari proses pra-registrasi, jadwal vaksinasi dan pra-skrining.

blank
Rinaldi Nugroho pemilik Ayam Kalasan Simpanglima, yang juga merupakan mitra merchant Grab Food, tengah mendapatkan vaksinasi di Grab Vaccine Center Semarang, Rabu (7/7/2021). Foto: dok/ist

BACA JUGA: Olimpiade Kurang Dua Pekan, Jepang Umumkan Tokyo Darurat Covid-19

Selain itu juga, penerapan pendaftaran melalui layanan Grab Health, yang didukung infrastruktur digital Good Doctor.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyampaikan apresiasinya kepada Grab, sebagai perusahaan swasta dalam mempercepat vaksinasi di wilyah kerjanya.

”Kami sangat terbantu dengan adanya pusat vaksinasi kolaborasi antara pemerintah daerah dan Grab, dalam pemerataan vaksinasi bagi masyarakat. Selain lansia, pusat vaksin ini juga mengutamakan pekerja sektor transportasi dan para pelaku UMKM, yang saat ini masih berjuang bersama untuk menggerakkan roda perekonomian lokal,” ungkap Ganjar.

BACA JUGA: Pemkot Magelang Bantu Sembako Warga yang Menjalani Isoman

Para pelaku UMKM yang juga mitra merchant Grab Food dan agen Grab Kios pun, sudah mendapatkan vaksin di Grab Vaccine Center Semarang. Salah satunya Rinaldi Nugroho, pelaku UMKM dan juga mitra merchant Grab Food, pemilik usaha Ayam Kalasan Simpanglima yang telah menerima vaksin.

”Saya senang akhirnya bisa mendapatkan vaksin dosis pertama di Grab Vaccine Center. Semoga dengan vaksin ini, saya dan para pelaku UMKM lainnya bisa lebih terlindungi dan bertahan di tengah pandemi, dalam menjalankan usaha,” ujarnya.

Grab dan Good Doctor sendiri telah menjadi mitra swasta pertama Indonesia, dalam menyukseskan program vaksinasi Nasional. Pelaksanaan vaksinasi pun menggunakan pendekatan teknologi. Grab dan Good Doctor juga telah membantu mendistribusikan vaksin di lebih dari 53 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Riyan