blank

SEMARANG – Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K) merupakan program bantuan pendidikan dari pemerintah kepada siswa lulusan SMA, SMK dan sederajat dari keluarga kurang mampu yang mempunyai prestasi agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Menurut Yuli Prayitno SHI MH program beasiswa ini bertujuan untuk melayani umat dan memberikan bantuan pendidikan kepada masyarakat kurang mampu. “Sehingga dapat ikut serta memutus rantai kemiskinan dan mengangkat derajat kehidupan kaum dhuafa”, ujarnya (6/7/2021).
Beasiswa yang sudah ada sejak tahun 2012 di Unissula dengan nama Bidikmisi ini meliputi program studi Teknik Sipil, Teknik Planologi, Ilmu Hukum, Tarbiyah, Syariah, Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Psikologi, dan Ilmu Keperawatan.
Dengan program beasiswa yang ditujukan untuk calon mahasiswa dari pulau Jawa ini diharapkan menjadi salah satu upaya Unissula ikut dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam bingkai khaira ummah. “Harapannya adalah Unissula mampu ikut berperan serta mencerdaskan kehidupan bangsa dalam bingkai Khaira ummah”, lanjutnya.

Ia yang merupakan PiC Beasiswa KIP di Unissula ini melanjutkan bahwa masyarakat sangat antusias akan beasiswa ini. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peminat dan pendaftar yang melebihi kuota. “Masyarakat sangat antusias, dibuktikan dengan jumlah peminat dan pendaftar beasiswa ini melebihi dari jumlah kuota yang ditetapkan, hingga mencapai 300 persen dari jumlah kuota”, tutupnya.

Sehingga bagi lulusan SMA/SMA/sederajat yang berprestasi dan kurang mampu dapat mendaftar di Unissula dengan menggunakan beasiswa ini. Adapun tahapan dan juga syarat pendaftaran sudah dijelaskan secara rinci di www.pmb.unissula.ac.id dan klik KIP Kuliah.