blank
Kantor Bank Jateng di Semarang. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Di tengah keprihatinan pandemi covid-19 yang masih terjadi, Bank Jateng mampu mencatat pertumbuhan kinerja yang baik dan ketahanan yang kuat.

Berbagai kebijakan secara responsif telah ditempuh, sehingga Bank Jateng menunjukkan pertumbuhan yang positif. Hingga Semester I-2021, kinerja keuangan Bank Jateng menunjukkan adanya peningkatan, sebagaimana tabel berikut:

blank”Kami menyampaikan terima kasih kepada para nasabah, pemegang saham, otoritas, dan masyarakat atas kepercayaannya, sehingga kinerja perseroan tetap mampu tumbuh positif,” ujar Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, melalui rilisnya pada Senin (5/7/2021).

BACA JUGA: Bupati Kebumen Larang Hajatan di Semua Wilayah

Pandemi covid-19 memberikan tekanan cukup berat bagi perbankan, khususnya risiko kredit. ”Bank Jateng telah merespon tantangan tersebut, dengan menerapkan berbagai inisiatif dan pengelolaan risiko yang efektif, untuk menjaga pertumbuhan bisnis dan kualitas aset,” kata dia lagi.

Pada akhir Juni 2021, Aset Bank Jateng mencapai Rp 81,62 triliun dan tumbuh 12,45 persen (year on year/yoy). Peningkatan aset itu didukung dengan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mencapai Rp 67,81 triliun dan tumbuh 17,81 persen (yoy).

Sementara itu, penyaluran kredit mencapai Rp 51,89 triliun dan tumbuh 4,88 persen (yoy). ”Meskipun moderat, pertumbuhan kredit Bank Jateng lebih baik dibandingkan perbankan yang justru mengalami penurunan hingga 2,89 persen,” terang Supriyatno.

BACA JUGA: Kapolda Akan Tindak Tegas Oknum Nekat Timbun Alat Medis

Menurut dia, yang lebih membanggakan lagi, peningkatan kredit Bank Jateng ditopang kredit UMKM yang tumbuh sebesar 12,40 persen, dan kredit konsumer yang tumbuh 4,42 persen.

Sedangkan kredit kepada segmen korporasi dilakukan pembatasan untuk mitigasi risiko kredit. Laba Usaha Meningkat Selama Semester I-2021, Bank Jateng mencatat laba usaha sebesar Rp 1,09 triliun dan tumbuh 16,09 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

”Pencapaian laba usaha yang baik ini tidak lepas dari strategi perseroan dalam pengelolaan aset dan efisiensi operasional,” tegasnya.

BACA JUGA: Delapan Calon Penumpang Kapal Pakai Surat Keterangan Bebas Covid-19 Palsu

Disamping indikator keuangan yang meningkat, ketahanan Bank Jateng juga terjaga baik. Ini tercermin dari rasio keuangan yang berada pada komposit sehat, sesuai ketentuan otoritas.

Rasio penyaluran kredit terhadap DPK atau Loan to Deposit Ratio (LDR) berada pada kisaran ideal sebesar 76,52 persen. Rasio Current Account Saving Account (CASA) mencapai 54,01 persen, yang menunjukkan mayoritas DPK merupakan giro dan tabungan sebagai sumber dana berbiaya rendah.

Bank Jateng juga mampu menjaga efisiensi operasional dengan baik, yang diindikasikan dengan rasio Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) sebesar 70,92 persen dibawah rata-rata industri perbankan, yang mencapai kisaran 85 persen.

BACA JUGA: Perempuan Jepara Lebih Berani Cerai, Ini Faktanya

Kondisi perekonomian yang belum pulih dan pembatasan aktivitas akibat pandemi, telah berdampak pada penurunan aktivitas bisnis di banyak sektor usaha.

Untuk membantu pelaku usaha yang terdampak covid-19, Bank Jateng telah melakukan restrukturisasi kredit bagi 17.201 pelaku usaha, senilai Rp 6,85 triliun. Relaksasi kredit itu bertujuan, agar pelaku usaha dapat menata kembali bisnisnya.

Namun untuk debitur tertentu, tidak dapat dilakukan restrukturisasi, sehingga menyebabkan rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) sebesar 3,73 persen. Rasio NPL itu masih dibawah batasan sesuai ketentuan otoritas sebesar 5 persen.

BACA JUGA: Bupati Sleman Instruksikan Pemadaman Lampu Jalan Lebih Awal Selama PPKM

Akselerasi layanan digital kondisi pandemi telah mendorong kebutuhan masyarakat akan layanan digital semakin meningkat. Dan Bank Jateng telah merespon hal itu, dengan berbagai terobosan layanan digital.

Untuk kemudahan layanan transaksi nasabah, Bank Jateng telah memiliki internet banking dan Bima Mobile Banking. Bahkan untuk Pajak Daerah dan Pajak Bumi Bangunan (PBB), nasabah dapat melakukan pembayaran dengan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dan melalui marketplace, seperti Gopay dan Tokopedia.

Untuk meningkatkan layanan digital, Bank Jateng sedang menyiapkan Digital Lounge yang memungkinkan nasabah dapat melakukan transaksi secara mandiri, seperti cetak buku atau rekening koran (self service passbook printer), setor dan tarik tunai (cash recycle machines), dan layanan teller (self service teller cash recycler).

BACA JUGA: Kapolres Jepara : Warga yang Telah Divaksin Harus Tetap Lakukan Prokes

Sementara di bidang kredit, Bank Jateng juga telah mengembangkan layanan kredit PLO secara elektronik (e-PLO), Loan Origination System (LOS) Kredit Mikro, sales kit dan lainnya.

Dengan berbagai layanan digital itu, nasabah Bank Jateng dapat melakukan kebutuhan transaksinya dengan mudah, cepat dan murah, serta dapat dilakukan kapan saja dan dimana pun berada.

Untuk mendorong pemulihan ekonomi, tantangan perbankan saat ini masih pada penyaluran kredit kepada sektor riil. Untuk itu perlu didorong lagi upaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan konsumsi rumah tangga, sehingga akan mempercepat laju perekonomian.

BACA JUGA: Tim Penyelamat Jepang Lanjutkan Pencarian 24 Korban Longsor

”Bank Jateng tetap komitmen untuk berperan lebih besar lagi dalam upaya pemulihan ekonomi Nasional, sebagai mitra pemerintah dalam penyaluran bantuan dan program stimulus lainnya,” ungkap Supriyatno.

Terkait kredit bermasalah yang terjadi di Kantor Cabang Jakarta dan Kantor Cabang Blora, maka Bank Jateng telah melakukan berbagai langkah-langkah, antara lain menyerahkan proses penyelesaian kepada aparat penegak hukum, baik Kejaksaan maupun Kepolisian.

”Bank Jateng akan selalu mendukung dan menghormati proses hukum yang sedang berlangsung,” tegasnya.

BACA JUGA: Kelompok Peternak Sapi Perah Mengembangkan Biogas Sebagai Sumber Energi Listrik

Kemudian pegawai yang terbukti melakukan pelanggaran, diberikan sanksi tegas, termasuk di antaranya pemberhentian dengan tidak hormat. Lalu melakukan evaluasi dan perbaikan proses dalam pemberian kredit proyek.

Yang berikutnya, mengoptimalkan penyelesaian kredit bermasalah melalui penagihan, pengajuan klaim asuransi, dan lelang jaminan, termasuk di antaranya bekerja sama dengan pihak Kejaksaan Tinggi dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pencapaian kinerja yang positif selama ini, menunjukkan berbagai kebijakan yang telah ditempuh manajemen Bank Jateng berada pada koridor yang benar (on the right track).

BACA JUGA: Kapolda Jateng Pantau Pelaksanaan Vaksinasi di Pondok Pesantren Al Fadlu Wal Fadhilah Sidorejo Brangsong

Disamping kinerja financial, Bank Jateng juga mendapatkan penghargaan (award) dari berbagai pihak eksternal, di antaranya Peringkat I BPD dengan aset antara Rp 50 triliun sampai dengan Rp 100 Triliun pada ‘Infobank Top BUMD Award 2021’ dan The Most Innovative Regional Bank pada CNBC Indonesian Award 2020.

Bahkan dalam BUMD Award 2021 yang diikuti 1.150 BUMD se-Indonesia, Bank Jateng dinobatkan sebagai Top of the Top BUMD 2021#5 bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai Top Pembina BUMD 2021 dan Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno sebagai Top CEO BUMD 2021.

”Meskipun bukan tujuan utama kami, pemberian penghargaan ini menjadi tambahan energi bagi seluruh insan Bank Jateng, untuk terus berkarya dan berkontribusi untuk Jawa Tengah,” pungkas Supriyatno.

Riyan