blank
Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Foto: dok/ist

PEKALONGAN (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, benar-benar serius dalam mengamankan pelaksanaan PPKM Darurat Jawa-Bali. Ganjar turun langsung ke lapangan, untuk memastikan kebijakan itu berjalan.

Hari kedua pemberlakuan PPKM Darurat, Minggu (4/7/2021) digunakan Ganjar Pranowo untuk mengecek pelaksanaan di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pemalang. Di dua tempat itu, Ganjar meminta Bupati/Wali Kota termasuk jajaran TNI/Polri untuk lebih tegas.

”PPKM Darurat sudah berjalan baik, tapi belum disiplin banget. Saya tadi pagi keliling di Kota Semarang, masih banyak orang nongkrong di warung. Maka saya minta Bupati/Wali Kota bersama TNI/Polri lebIh tegas. Kalau ada yang nongkrong, langsung bubarke (dibubarkan),” pesan Ganjar.

BACA JUGA: Ganjar Minta Dirut RSUD Ashari Pemalang Perbaiki Pelayanan

Jika sebelumnya edukasi pada masyarakat lebih diutamakan, saat ini lanjut Ganjar adalah ketegasan. Sebab jika tidak, maka PPKM Darurat tidak akan berhasil.

”Kalau ada kerumunan langsung ditegur, pulang sekarang. Kita ingatkan dengan intonasi tinggi, agar masyarakat tahu bahwa ini serius. Kita ditargetkan mengurangi penyebaran sampai 10 ribu kasus per hari. Ini berat, maka kami minta masyarakat berpartisipasi termasuk kita meningkatkan penegakan hukumnya,” ucap dia.

Masyarakat, imbuh Ganjar, juga diminta mendukung program pemerintah ini. Tanpa partisipasi masyarakat, kebijakan seperti apa pun tidak akan berjalan.

BACA JUGA: Dilarang Makan di Warung, Ganjar Pilih Makan Bekal di Parkiran. Tonton Videonya

”Saya hari ini bersedih. Tadi malam Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saya meninggal karena Covid. Tiap hari kita mendengar kabar yang sama dari rekan, saudara dan lainnya. Tiap hari pasti ada suara sirene ambulans. Jadi tolong, ayo bantu dengan cara menahan diri di rumah, selama PPKM Darurat ini berjalan,” tegasnya.

Tak hanya tentang pengetatan masyarakat, Ganjar juga memastikan semua daerah siap dari sisi medis. Rumah sakit harus menambah tempat tidur, tempat isolasi terpusat disiapkan, termasuk ketersediaan oksigen dan tenaga kesehatan.

”Tadi saya ke RSUD Bendan Pekalongan, saya cek tempat tidurnya sudah ditambah sampai 40 persen. Saya cek oksigen juga sudah aman. Tempat isolasi juga sudah disiapkan sehingga relatif siap,” jelasnya.

BACA JUGA: Pantau PPKM Darurat, Hartopo Sidak Mall dan Restoran

Bupati/Wali Kota di daerah lain, lanjut dia, juga harus mempersiapkan dari sekarang. Inventarisasi semua gedung milik pemerintah yang bisa digunakan untuk tempat isolasi terpusat.

”Kalau kurang, bisa kerja sama dengan universitas atau instansi lain yang punya gedung. Skenario-skenario itu harus disiapkan, termasuk skenario memakai tenda. Dari TNI/Polri sudah siap,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid menegaskan, pihaknya siap melaksanakan PPKM Mikro Darurat. Pihaknya siap memberlakukan sanksi tegas bagi siapa pun yang melanggar.

BACA JUGA: Malam Pertama PPKM Darurat, PJU Jalan Protokol Kota Tegal Dipadamkan

”Siapa pun yang melanggar, pasti kami berikan sanksi tegas. Tidak ada yang boleh menawar lagi,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan skenario-skenario jika terjadi lonjakan. Tempat tidur baik ICU maupun isolasi di rumah sakit telah ditambah, dan tempat isolasi terpusat juga sudah disiapkan.

”Kami telah bekerja sama dengan Universitas Pekalongan untuk menggunakan asrama mahasiswanya, sebagai tempat isolasi terpusat. Kalau nanti tetap kurang, kami sudah menyiapkan skenario gedung SMPN 4 Kota Pekalongan, untuk tempat isolasi terpusat,” pungkasnya.

Riyan