blank
Ganjar Pranowo melihat penanganan pasien covid-19 di RSUD M Ashari, Kabupaten Pemalang, Minggu (4/7/2021). Foto: dok/ist

PEMALANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta jajaran direksi di RSUD Dr M Ashari, Pemalang, memperbaiki pelayanan. Pasalnya, rumah sakit yang jadi rujukan masyarakat di Pemalang itu terlihat kotor dan kumuh.

Hal itu disampaikan Ganjar, ketika mengecek penanganan covid-19 di rumah sakit milik pemerintah itu, Minggu (4/7/2021). Saat Ganjar tiba di lobi IGD, Ganjar melihat beberapa keluarga pasien duduk di kursi tunggu yang reot dan tidak nyaman.

Selain itu, lantai rumah sakit itu penuh dengan debu dan kotoran. Sampah plastik dan beberapa botol minuman juga berserakan.

BACA JUGA: Dilarang Makan di Warung, Ganjar Pilih Makan Bekal di Parkiran. Tonton Videonya

”Pak ini dibersihin pak, jangan seperti ini. Rumah sakite ojo kemproh lah (rumah sakitnya jangan jorok),” kata Ganjar mengingatkan.

Ganjar juga melihat ada gedung disamping IGD yang tidak terawat. Gedung itu kosong dan di dinding banyak tumbuh rumput liar.

”Itu juga, tolong dibersihkan. Apa ndak ada petugas kebersihannya disini. Tolong Pak Wakil diperbaiki,” katanya kepada Dirut Rumah Sakit dan Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, yang ikut mendampinginya.

BACA JUGA: Pantau PPKM Darurat, Hartopo Sidak Mall dan Restoran

Ganjar pun masuk ke dalam rumah sakit untuk mengecek kondisi di dalam. Dia ingin memastikan, persiapan rumah sakit di Pemalang benar-benar dilaksanakan, karena kasus positif di daerah itu cukup tinggi.

”Sebenarnya sudah bagus, IGD yang awalnya hanya 15 tempat tidur, ditambah sampai 50, dan sampai selasar digunakan untuk pasien covid-19. Tapi saya minta, sisi kenyamanan juga dikelola agar pasien nyaman. Saya minta Pak Wakil Bupati juga menyiapkan rumah sakit lain, agar bisa jadi alternatif, sehingga manajemen pasien yang masuk bisa lebih baik,” harap Ganjar.

Untuk oksigen, Ganjar memastikan stok oksigen di rumah sakit itu aman. Bahkan dikabarkan, stok oksigen bisa aman sampai tiga hari mendatang.

BACA JUGA: Malam Pertama PPKM Darurat, PJU Jalan Protokol Kota Tegal Dipadamkan

”PCR juga sudah ada, dan saya minta mulai besok dioperasikan. Ini pecah telur, baru ada satu PCR di Pemalang, karena sebelumnya dibawa ke Pekalonga. Saya harap segera dioptimalkan, agar pemeriksaan lebih cepat. Saya minta testing ditingkatkan, kalau tenaga tracingnya kurang, bisa minta bantuan TNI/Polri,” tegasnya.

Ganjar juga meminta masyarakat Pemalang untuk patuh, pada aturan PPKM Darurat. Mereka diminta melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan penting.

”Masyarakat saya mohon mendukung dengan menjaga prokes. Nggak usah pergi kalau tidak penting, karena rumah sakit sudah penuh. Ini saja ada ratusan nakes di Pemalang yang positif. Ayo dukung bareng-bareng, sehingga kondisi ini bisa segera pulih kembali,” pungkasnya.

Riyan