blank
Rumah Sakit Darurat di Lapangan Tenis Indoor Moncer Serius di Komplek Gelora Sanden siap menerima pasien Covid-19, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemkot Magelang membuka rumah sakit darurat untuk penanganan pasien Covid-19 di Lapangan Tenis Indoor Moncer Serius di Kompleks Gelora Sanden, Kelurahan Kramat Selatan. Dibukanya rumah sakit ini karena rumah sakit rujukan sudah penuh.

Wali Kota Magelang Muchammad Nur Aziz menyatakan, rumah sakit darurat ini sudah bisa digunakan mulai Jumat (2/7). Daya tampung rumah sakit darurat ini hingga 50 tempat tidur.

‘’Pilihan kita di Lapangan Tenis Indoor Moncer Serius karena lebih aman, tidak kehujanan atau kepanasan, dan fasilitas pendukungnya lengkap. Kita siapkan rumah sakit darurat ini agar masyarakat merasa lebih tenang,’’ ujarnya, Kamis (1/7).

Azis menerangkan, tenaga kesehatan yang akan bertugas di rumah sakit darurat sedang didata. Mereka mayoritas nakes yang baru lulus tapi belum bekerja di instansi.

 

blank
Rumah Sakit Darurat Moncer Serius sedang ditata oleh petugas (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

Termasuk dirinya (Azis red) yang juga dokter spesialis penyakit dalam siap bertugas membantu menangani pasien Covid-19 di luar jam kerjanya sebagai wali kota.

‘’Kalau dokternya sudah mumpuni dan kita ambil dari Magelang saja. Dokternya cukup, dan sudah sangat siap bertugas di rumah sakit darurat ini,’’ ungkapnya.

Wali kota mengemukakan, tingkat keterisian rumah sakit rujukan sudah sekitar 85 persen. Diterangkan pula IGD RSUD Tidar Kota Magelang sudah kembali dibuka pada Rabu (30/6) malam, setelah pada Selasa (29/6) malam ditutup sementara.

‘’IGD RSUD sudah dibuka lagi untuk melayani masyarakat. Kami harap rumah sakit swasta juga ikut membantu menangani pasien Covid-19 ini. Yang sudah mengajukan diri RS Lestari Raharja dan RS Harapan. Bahkan RS Harapan sudah menyiapkan tenda darurat untuk kesiapan UGD Covid-19,’’ tuturnya.

 

Penulis : prokompim/pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono