blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis didampingi Sekda Joko Budiyono meninjau gedung Poltekkes Kesehatan, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemkot Magelang menyiapkan satu lagi tempat karantina atau isolasi untuk pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Semarang, Kampus V, yang lokasinya di Jalan Perintis Kemerdekaan no 143 Kota Magelang.

‘’Benar, kita tambah tempat karantina terpadu di Poltekes, dengan kapasitas 80 Tempat Tidur (TT),’’  kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, dokter Intan Suryahati, Senin (28/6).

Penambahan tempat isolasi ini menyusul kasus Covid-19 yang cenderung naik beberapa waktu terakhir. Hal itu berdampak pada menipisnya bed occupancy rate (BOR) rumah sakit (RS) rujukan dan tempat isolasi.

Menurutnya, Poltekes sudah siap dihuni oleh pasien positif Covid-19. ‘’Sudah siap, tapi belum ada yang datang, penuhi hotel-hotel dulu,’’ ujarnya.

Terkait ketersediaan oksigen, Intan memastikan masih mencukupi di Kota Magelang.

 

blank
kamar yang digunakan untuk isolasi pasien Covid-19, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

Sebelumnya, Pemkot Magelang sudah menyediakan tempat karantina bagi pasien Covid-19 tanpa gejala. Yaitu di Hotel Borobudur Indah, Jalan A. Yani dan Hotel Safira, Jalan Gatot Soebroto Kota Magelang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, Bed Occupancy Rate (BOR) di tiga rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 Kota Magelang yang sudah mencapai 82,8 persen.

Tiga rumah sakit tersebut adalah RSUD Tidar, RSJ Prof dr. Soerojo dan RST dr Soedjono.Isolasi perawatan pasien Covid-19 di tiga rumah sakit itu sebagian besar dihuni oleh pasien luar Kota Magelang.

Sebanyak 361 pasien terindikasi Covid-19 (suspek dan konfirmasi), 135 pasien di antaranya merupakan warga dalam kota. Sedangkan 226 orang merupakan warga luar daerah.

 

Penulis : prokompim/pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono