blank
Poster Webinar Nasional yang akan digelar FKIP Unwahas pada 24 Juni 2021.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menyikapi isu Indonesia yang siap mencalonkan diri menjadi tuan Rumah Olimpiade 2032, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Jawa Tengah akan menggelar webinar nasional bertajuk ”Optimalisasi Industri Olahraga Menyongsong Bidding Tuan Rumah Olimpade 2032” pada Kamis, 24 Juni 2021 mulai pukul 09.00 WIB.

Dekan FKIP Unwahas, Muhlisin menjelaskan, webinar dibuka secara virtual oleh Menpora Zainudin Amali, menghadirkan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari serta dimeriahkan atlet Jateng dari Unwahas yaitu ‘spiderman’ (atlet panjat tebing) Kiromal Katibin yang prestasinya mendunia.

Menurut Muhlisin, tujuan dari webinar ini adalah menggelorakan semangat atau spirit ‘Kita Bisa menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032’, dan menggugah peran perguruan tinggi dan akademisi dalam menyongsong Indonesia dalam lelang tuan rumah Olimpiade 2032 yang votingnya dilaksanakan pada 21 Juli 2021 mendatang, jelang Olimpiade Tokyo.

”Kami sebagai salah satu perguruan tinggi yang berperan dalam menghasilkan SDM tenaga bidang keolahragaan harus berperan sebagai pendorong kesiapan SDM dalam menyongsong Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” katanya di Semarang, Senin (21/6/2021).

Dalam webinar ini, lanjut dia, Opening Speech disampaikan langsung Menpora Zainudin Amali, dilanjutkan panel dari Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari yang secara detil bakal mengupas kesiapan Indonesia mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade.

Narasumber lain Asep Sukmayadi (Kemdikbud-Ristek) yang membahas peran strategis perguruan tinggi. Dari aspek industri olahraga akan dibedah oleh dua pakar industri olahraga yaitu Vivin Sungkono C dari Executive Committee PSSI dan Sandey Tantra P (Universitas Pendidikan Indonesia).

Atlet Jateng

Ditambahkannya, dalam kesempatan webinar, akan ada narasi yang diberikan langsung Ketua Yayasan Prof Dr Noor Ahmad MA terkait kiprah Unwahas dalam memajukan olahraga Jateng, salah satunya prestasi yang dicapai climber Kiromal Katibin, mahasiswa PJKR Unwahas.

Kiromal sendiri juga akan meramaikan webinar. Oleh Rektor Unwahas Prof Dr Mudzakir Ali MA, Kiromal dijuluki ”Spiderman dari Unwahas” karena prestasinya meraih perak kategori speed sekaligus pemecah rekor dunia pada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu.

Di menjelaskan, Rektor Unwahas mendukung penuh upaya menjalin kemitraan dengan stakeholder keolahragaan. Salah Satunya dengan PT Mahesa Jenar yang menaungi PSIS Semarang dan Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Jateng.

Penandatanganan MoU sendiri akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan tersebut, termasuk penyerahan beasiswa prestasi kepada lima pemain PSIS yaitu Joko Ribowo, Komarudin, M. Ridwan, Wahyu Prasetya dan Soni Setiawan.

”Ini adalah wujud komitmen Unwahas untuk membantu para atlet berprestasi untuk dapat mendapatkan pendidikan yang baik,” kata Muhlisin mengutip pernyataan rektor.

Muha