blank

SEMARANG– Dosen Instrumentasi dan Elektronika Undip menggelar pengabdiankepada masyarakat dengan memberikan pelatihan Internet of Think (IoT) kepada siswa MAN 1 Kota Semarang pada Kamis (17/6) lalu.

Para siswa mendapat edukasi tentang IoT dengan narasumber Prof. Dr. Suryono, S. Si, M. Si yang sekaligus ketua program studi Doktor Sistem Informasi Undip

Prof Suryono menyampaikan materi terkait hal baru yang sangat berguna bagi kehidupan, terutama kehidupan di masa depan dihadapan 16 siswa dan 4 guru.

“Kami sampaikan bebrapa materi kepada siswa MAN 1 Kota Semarang meliputi bagaimana mengaplikasikan arduino wemos, aplikasi arduino, dan memakai thingspeak, jika ketiganya di aplikasikan maka bisa mengatur segala sesuatu dengan jarak jauh” ungkap Prof Sur.

blankSementara menurut Waka Kurikulum MAN 1 Kota Semarang Aris Fakhruddin mengatakan bahwa materinya cukup jelas dan dapat di mengerti, narasumbernya yang sangat humble dan sabar menjadi alasan mengapa peserta begitu semangat.

Usai materi di sampaikan, di adakan diskusi proyek untuk merealisasikan IoT di lingkungan MAN 1 Kota Semarang. Akhir kegiatan ini di tutup dengan suasana haru dan sangat berterimakasih kepada pihak Undip yang sudah mengadakan kegiatan ini.

Sebelumnya para dosen Undip yang terdiri Dr. Ir. Ainie Khuriati RS, DEA, Heri Sugito, S.Si., M.Sc., Dr. Jatmiko Endro Suseno, Dr. Catur, dan Dr. Sumariyah, M.Si juga memberikan pelatihan kepada siswa MAN 1 Kota Semarang tentang beberapa sensor suhu ruangan dan mengoprasikannya dengan arduino wemos.

Materi tersebut juga di lengkapi dengan cara pemrograman menggunakan aplikasi Arduino, mereka di minta untuk mempraktikkan materi yang telah di sampaikan, bahan – bahan yang dibutuhkan adalah arduino wemos D1, LED merah, LED kuning, LED hijau, sensor suhu, breadboard,kabel male to male, dan kabel male to female.

Saiful Hadi – USM