blank
Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate (kiri) menyambut kapten Harry Kane yang ditarik keluar dalam pertengahan babak kedua laga Grup D Euro 2020 melawan Skotlandia di Stadion Wembley, London, Inggris, Jumat (18/6/2021). Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Gareth Southgate memastikan kapten tim nasional Inggris Harry Kane akan tetap bermain melawan Republik Ceko dalam laga pemungkas Grup D Euro 2020 di Wembley, London, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Pernyataan itu menjadi langkah yang tidak biasa bagi Southgate, terlebih Kane belakangan ini mendapat kritik deras karena dinilai tidak tampil baik saat Inggris mengalahkan Kroasia 1-0 dan ditahan imbang 0-0 oleh Skotlandia.

“Anda bisa berasumsi demikian. Tentu saja, saya tidak peduli membocorkan ini,” kata Southgate kepada ITV saat ditanya apakah Kane akan main lawan Ceko, demikian dilansir Reuters, Minggu malam tadi.

Kane tidak tampil 90 menit penuh dalam laga kontra Kroasia maupun Skotlandia, tetapi Soutgate menegaskan bahwa langkah itu ditempuhnya bukan karena performa sang kapten, tetapi alasan-alasan lain.

“Di satu pertandingan kami sudah unggul dan butuh tenaga segar untuk tetap bisa menekan, menjaga keunggulan dan secara rasional tidak butuh gol tambahan,” kata Southgate merujuk pertandingan kontra Kroasia.

“Di Piala Dunia 2018, kami berakhir terlalu banyak memainkan Harry dan seharusnya bisa mengelola kebugarannya lebih baik lagi sekarang.

“Kami punya banyak pilihan bagus di bangku cadangan, tapi dia adalah pemain terpenting kami, tidak ada keraguan soal itu. Anda hanya perlu melihat rekor golnya bersama kami untuk melihat perannya di tim ini.

“Dia sangat penting, bukan hanya golnya, tetapi juga perannya membantu membangun serangan serta hal-hal lain yang dibawanya ke tim ini,” ujar Southgate panjang lebar.

Southgate mengakui bahwa ia sadar Kane saat ini tengah dihujani gelombang kritik yang deras, tapi meyakini penyerang Tottenham Hotspur itu bakal menjawabnya dengan gol-gol penting.

“Saya tahu ada banyak pertanyaan tentang dia saat ini, tapi hal itu sudah dialaminya 100 kali,” katanya.

“Saya punya jawaban bahwa di posisi ini hal itu wajar dan dia menjawabnya dengan gol-gol yang membuat kami memenangi laga-laga selanjutnya dan saya berharap hal yang sama,” tutup Southgate.

Inggris di atas kertas hanya butuh hasil imbang kontra Ceko untuk bisa lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D.

Ant/Muha