blank
PMI Kota Magelang menyemprot disinfektan di sekolah-sekolah menghadapi rencana dilaksanakan pendidikan tatap muka, (Dok PMI)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Menghadapi rencana akan dilaksanakan pendidikan tatap muka (PTM) di tengah pandemi, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat melenggarakan kegiatan ‘Kajian Sehat’ di berbagai sekolah.

‘’Kegiatan ini juga melibatkan gerakan alumni dan relawan untuk memberikan kajian sehat dalam menghadapi pendidikan tatap muka,’’ kata Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono, Jumat (11/6).

Mantan Inspektur Kantor Inspektorat Kota Magelang itu menjelaskan, kegiatan yang terkait dengan pandemi COVID-19 diselenggarakan di berbagai sekolah, dari tingkat TK hingga SMP yang tersebar di daerah yang memiliki tiga kecamatan dan 17 kelurahan tersebut.

Yang menjadi sasaran kegiatan adalah guru dan karyawan di berbagai sekolah mulai pukul 13.00 hingga 14.30 WIB, sehingga tidak mengganggu jam belajar di sekolah.

Beberapa hari lalu kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Magelang  diikuti para guru, karyawan dan tenaga administrasi lainnya.  Materi yang diberikan  terutama menyangkut antisipasi penularan dan penanganan COVID-19, termasuk risiko orang yang tertular virus corona jenis baru itu.

‘’Semua tahap bisa dilakukan dalam menghadapi proses belajar mengajar, agar siap menghadapi siswa dalam PTM di tengah pandemi, dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan,’’ terangnya.

Kegiatan kajian sehat, lanjutnya,  dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar tidak menimbulkan penularan virus.

‘’Untuk SMP kegiatan dilaksanakan per sekolah, untuk SD ada yang kita gabung karena jumlah guru-gurunya di setiap SD relatif sedikit,’’ ujarnya.

Dalam rangkaian kegiatan itu, PMI juga melakukan penyemprotan disinfektan di sekolah-sekolah dan menyosialisasikan berbagai program PMI setempat, termasuk dukungan terhadap program pemkot, ‘Jemput Sakit Antar sehat’.

 

Doddy Ardjono