blank
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat menyampaikan amanatnya dalam kunker di RSUD dr Soedjati Purwodadi. Foto : humas Polres Grobogan.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kabupaten Grobogan merupakan wilayah yang dekat dengan Kabupaten Kudus yang terjadi lonjakan kasus Covid-19. Hal itu membuat Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengingatkan agar Grobogan selalu waspada.

“Sebelumnya kami ke Kudus,  Pati, Blora. Di Kudus terjadi lonjakan kasusCovid-19 , karena itu Grobogan yang dekat dengan Kudus untuk selalu waspada,” ucap Jenderal Pol Sigit, saat melaksanakan kunjungan kerja bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BPNB RI, Letjen TNI Ganip Warsito di RSUD dr Soedjati Purwodadi, Minggu 6 Mei 2021.

Sigit memaparkan, kejenuhan masyarakat terkait prokes telah menurun. Namun pihaknya mengingatkan Covid-19 masih tinggi. “Kita tetap ingatkan Covid 19 masih tinggi. Kita ingatkan masyarakat untuk selalu Memakai masker, kita waspadai baru saja lewati ramadhan. Sudah dilakukan penyekatan tetapi masih bisa mudik terjaring mudik ada yang positif,” jelas Sigit.

Penggunaan masker sering kali membosankan. Tapi Sigit meminta agar masyarakat tetap gunakan masker karena dari sisi penelitian WHO, penggunaan masker bisa mencegah 95 persen masuknya virus dalam tubuh kita.

Sigit juga mengimbau, mobil keliling di desa-desa serta PPKM Mikro tetap dijalankan sambil menunggu vaksinasi. “Risiko yang sudah vaksin juga masih bisa kena, tetapi tingkat gejala rendah. Langkah-langkah kotijensi harus dikerjakan, rekan-rekan yang bertugas di PPKM mikro, TNI Polri, Puskesmas dan kelurahan tetap lakukan penyuluhan prokes dan 3 T,” imbau Sigit.

Kapolri juga menjelaskan bahwa ciri-ciri orang yang terpapar harus diinfokan kepada masyarakat dengan membuat hotline PPKM Mikro untuk mencegah penularan atau tatap muka dengan orang lain.

“Persiapkan perencanaan dan cek kembali alat swab antigen dan PCR di PPKM mikro. Kecepatan swab itu sangat penting. Siapkan laboratorium PCR di wilayah Kabupaten Grobogan,” ujarnya.

“Siapkan tempat isolasi mandiri dan harus dijaga sehingga tidak lagi ada pergerakan-pergerakan dari mereka yang hasil tesnya positif. Satgas harus berani mikro lock down apabila ada peningkatan covid 19 di suatu wilayah Kabupaten Grobogan lebih dari 10 yang positif covid 19. Semoga dalam 1 bulan ke depan dapat turun dan terkendali penyebarannya,” ungkapnya.

Hana Eswe-mul