blank
Peserta UKW bergambar bersama Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi dan para penguji. Foto: Widiyartono R

SAMARINDA (SUARABARU.ID) – Kehadiran media dan wartawan punya visi sama dengan pemerintah, yaitu memajukan bangsa. Karena itu, pemerintah mengharapkan kritik konstruktif kepada pemerintah, guna sama-sama menuju kemajuan bangsa.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Dewan Pers bekerja sama dengan lembaga Penguji Kompetensi Wartawan PWI di Hotel Senyiur, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis 3 Juni 2021.

Rusmadi menyebut, Samarinda adalah kota yang cantik. Mengutip pernyataan Adrinov Chaniago, mantan Menteri Bappenas, Samarinda adalah Shanghai masa depan, dengan bukit-bukit dan Sungai Mahakam yang menjadi ikon.

Hanya, kata Wakil Wali Kota, bantaran Sungai Mahakam yang mestinya menjadi ruang terbuka hijau kini juga digunakan oleh PKL untuk berdagang. “Bantaran itu mestinya harus berfungsi lingkungan, tetapi juga harus bermanfaat secara ekonomi. Maka nantinya akan akan penataan, PKL tetap ada tetapi dikurangi,” kata Rusmadi.

Rusmadi juga menyebut, visi menjadikan Samarinda sebagai pusat peradaban, maka banyak hal yang harus dilakukan. Sebagai kota yang makin maju, penduduk yang bertambah maka persoalan yang muncul antara lain soal sampah dan kemacetan. Maka, hal ini harus menjadi perhatian bagi Pemkot Samarinda.