blank
Satu kelompok peserta UKW kategori muda sedang mengerjakan soal ujian. Foto: Widiyartono R

54 Peserta

Dalam kesempatan itu, Wakil Direktur Uji Kompetensi Wartawan PWI Pusat, Kamsul Hasan mengatakan, UKW yang diselenggarakan Dewan Pers dengan Lembaga Penguji PWI di Samarinda ini diikuti 54 orang. Mereka terdiri atas dua kelompok utama (12 orang), dua kelompok madya (12 orang), dan lima kelompok muda (30 orang).

Kamsul mengatakan, dengan UKW diharapkan menjadikan para wartawan makin professional, mematuhi rambi-rambu berupa kode etik jurnalistik, peraturan dewan pers, dan ketentuan hukum lainnya. “Peraturan Dewan Pers misalnya tentang pedoman pemberitaan ramah anak, dan akan segera disusul dengan pedoman pemberitaan ramah disabilitas,” kata Kamsul.

Sedangka Agus Sudibyo dari Dewan Pers mengharapkan, meskipun ada target 98 persen diharapkan lulus, tetapi para penguji harus tetap menjalankan tugasnya secara profesional.

“Saya yakin karena tim penguji sudah banyak pengalaman, maka akan bisa melaksanakan pengujian ini sebaik-baiknya,” tambah Agus Subagyo.

Agus juga menyampaikan, tugas Dewan Pers juga sebagai wasit bila ada permasalahan menyangkut pemberitaan di media massa. “Maka kepada Bapak wakil Wali Kota, Kepala dinas Kominfo bila ada persoalan terkait pemberitaan silakan melapor ke Dewan Pers, akan kami tindaklanjuti,” ujarnya.

UKW di Samarinda ini berlangsung dua hari dan melibatkan sembilan penguji dari PWI yang berasal dari enm provinsi yaitu Kaltim sendiri satu orang, Kalsel dua orang, Jateng dua orang, DI Yogyakarta dua orang, dua dari Jakarta.

Widiyartono R