blank
Bupati Kudus Hartopo saat mendampingi Kepala BNPB Letjen Ganip Wiryanto memantau IGD RSUD. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kudus resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kota Kretek.

Bupati Kudus Hartopo berharap masyarakat ikut membantu dengan mendukung kebijakan ini agar Kudus kembali pulih lagi.

“PPKM mikro yang selama ini berjalan, sudah membuat lonjakan kasus Covid-19 mulai menurun. Semoga perpanjangan PPKM mikro ini bisa kembali membuat Kudus pulih lagi,”kata Hartopo, Kamis (3/6).

Hartopo pun berharap masyarakat turut berperan aktif dalam menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan semua instruksi PPKM Mikro ini.

“Saya mohon masyarakat bersabar sementara waktu agar kasus Covid-19 menjadi melandai dan masyarakat bisa kembali beraktifitas normal,”ujarnya.

Terlebih, Ketua Satgas Covid-19 RI Ganip Warsito mengatakan jika penerapan PPKM Mikro di Kota Kretek sudah bisa dikatakan baik.

“Tinggal ditingkatkan lagi bagaimana kepatuhannya. Apalagi saat ini sudah ada ada bantuan dari TNI dan Polri untuk ini,” jelas Hartopo.

Dalam perpanjangan PPKM mikro ini, sejumlah aturan pun lebih diperketat. Salah satunya adalah pelarangan kegiatan hajatan dan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan di semua desa di Kabupaten Kudus.

“Semua desa, baik yang berzona hijau, kuning, oranye, apalagi merah” tegasnya.

Hanya, bupati memperbolehkan adanya proses akad atau ijab qabul dilakukan.

“Kalau Cuma akad saja tidak apa-apa, tapi jangan sampai menjadikan kerumunan,” sambungnya.

Selain itu, warung di desa di Kabupaten Kudus diinstruksikan untuk tidak melayani pembeli makan di tempat. Semua makanan yang dibeli, haruslah dibungkus dan dibawa pulang.

“Kami tak ingin menutup sektor ekonomi untuk keberlangsungan masyarakat, tapi kami harapkan juga bisa menaati ini,” ujarnya.

Desa, lanjut dia, juga diminta lebih aktif menggerakkan Jogo tonggonya. Termasuk di antaranya memantau warganya yang menjalankan isolasi mandiri. Serta, memantau pendatang yang masuk ke wilayah desa.

“Kebutuhannya dicukupi, BLT DD juga harus terus dilancarkan supaya membantu warga yang kurang mampu, “ imbuhnya.

Tm-Ab