Jajaran Forkompimda Wonosobo foto bersama usai ikuti peringatan hari lahir Pancasila secara virtual. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pemkab Wonosobo mengikuti peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021 yang digelar secara virtual di Command Center Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo, Selasa (1/6).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Afif Nurhidayat, Wakil Bupati M Albar, Wakil Ketua DPRD dan jajaran Forkompimda, Sekda dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan menggunakan pakaian adat daerah.

Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati N Albar kompak memakai pakaian adat Jawa. Demikian juga dengan jajaran Forkompimda seperti Kapolres AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT dan Dandim 0707 Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat juga mengenakan baju adat.

Afif Nurhidayat berharap Pancasila bisa dijadikan pedoman hidup masyarakat Wonosobo Menurutnya, butir-butir yang terkandung di dalam Pancasila sangat luar biasa sebagai pijakan masyarakat Indonesia yang plural.

“Saya harap Pancasila jadi pedoman dan karakter yang bisa ditumbuhkembangkan di masyarakat. Berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni,” katanya.

Siaran Langsung

Jajaran Forkompimda Wonosobo ikuti peringatan hari lahir Pancasila secara virtual. Foto : SB/Muharno Zarka

Seperti tahun 2020 lalu, peringatan hari lahir Pancasila tahun ini masih dalam suasana pandemi global Covid-19. Untuk itu, pemerintah melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021.

“Surat tersebut berisi pedoman peringatan hari lahir Pancasila. Pada peringatan hari lahir Pancasila 2021, peringatan dilaksanakan secara langsung dan virtual dengan tema “Pancasila dalam TIndakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”,” ujarnya.

Sebagai upaya mencegah penularan dan penyebaran penyakit Covid-19, terang Afif, upacara peringatan hari lahir Pancasila secara langsung tetap dilaksanakan dan dipusatkan di Istana Bogor dengan prokes Covid-19.

Hari ini, Selasa (1/6) pukul 07.45 WIB, pagi tadi, upacara dipimpin Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri secara online oleh Pimpinan Tinggi Negara, Lembaga Negara, Kementerian, Dubes, para tokoh dan Pemerintah Provinsi sampai Kabupaten/Kota.

“Semua warga negara Indonesia juga bisa mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila melalui siaran langsung di televisi maupun secara virtual,” pungkas mantan Ketua DPRD Wonosobo itu.

Muharno Zarka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini