Basnendar foto bersama karya kreatif seni rupa hasil aksi para mahasiswa ISI Surakarta dalam memperingati HLP.

SOLO (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Selasa (1/6), menggelar aksi menyambut Hari Lahir Pancasila (HLP).

Aksi kreatif para mahasiswa pimpinan Basnendar H, ini berlangsung di pojok Ngarsopuro, di pinggir Jalan Slamet Riyadi (ruas jalan protokol), Kota Solo.

Basnendar yang Dosen ISI Surakarta, menyatakan, event ini juga memberikan kesempatan masyarakat, untuk membubuhkan cap telapak tangannya.

Pemberian cap telapak tangan ke papan triplek media lukis tersebut, sebagai bentuk dukungan dalam ikut serta memperingati HLP Tanggal 1 Juni 2021.

Aksi Kolaborasi
Event kreatif ini, diinisiasi oleh Komunikotavisual dan HIMADKVISKA. Memilih tajuk ”Aksi Kolaborasi Seni Rupa X Musik Etnik Kepulauan Tanimbar, Maluku.”

Bertempat di pojok Ngarsopuro tepi ruas jalan Slamet Riyadi, Solo, para mahasiswa ISI Surakarta menggelar aksi kreatif memperingati HLP.

Event ini, kata Basnendar, berfungsi mengingatkan semua elemen anak bangsa untuk selalu menjaga dan meneladani Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dua lembar papan triplek ukuran besar, menjadi kanvas bagi para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Dalam aksinya, mereka menuangkan ekspresi melalui karya lukisnya, tentang seputar Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Semangat Optimisme
Bersama itu, musik etnik Gambus Pepetik mengiringi event kreatif seni rupa tersebut. Lukas Angwarmase, asal Kepulauan Tanimbar, Maluku, tampil memainkannya.

Warga masyarakat ikut berpartisipasi membubuhkan cap telapak tangannya di kanvas media lukis, dalam aksi kreatif para mahasiswa ISI memperingati HLP.

Basnendar H, selaku co founder Komunikotavisual, menyebutkan, aksi di ruang publik ini sebagai media alternatif. ”Memberi semangat optimisme masyarakat,” tegasnya.

Khalifatur Ahmad Faris, selaku ketua HIMADKVISKA, menjelaskan, event ini dapat menumbuhkan kembali ingatan akan Pancasila di kalangan milenial.

Kaprodi DKV, Asmoro Nurhadi Panindias, memaparkan, kegiatan ini sebagai wujud komitmen mendukung upaya meningkatkan nilai-nilai Pancasila di kampus maupun di masyarakat.

Bambang Pur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini