blank
Pedagang daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Batang, jawa Tengah, sedang melayani pembeli. Antara

BATANG (SUARABARU.ID)- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memastikan harga kebutuhan pokok seperti daging, beras, dan cabai di sejumlah pasar tradisional masih terpantau stabil pasca-Lebaran 2021.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto di Batang, Senin (31/5/2021), mengatakan bahwa saat ini pasokan kebutuhan pokok masih lancar dan mencukupi kebutuhan warga.

“Berdasar pantauan di sejumlah pasar tradisional, pasokan kebutuhan pokok masih lancar, demikian pula untuk harga komoditas pangan juga stabil,” katanya.

Baca Juga: Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Dibangun di Batang

Harga beras masih sekitar Rp9.500 per kilogram, cabai rawit Rp40 ribu/ kilogram, dan harga daging sapi yang semula mencapai Rp150 ribu/ kilogram kini hanya Rp120 ribu/ kilogram, serta daging ayam Rp36 ribu/ kilogram.

“Harga kebutuhan pokok cenderung turun. Akan tetapi untuk komoditas minyak goreng ada kenaikan yaitu semula Rp12 ribu/ liter kini naik menjadi Rp14 ribu/ liter,” katanya.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Endang Rahmawati mengatakan kenaikan pada komoditas minyak goreng tersebut karena produsen kelapa sawit cenderung mengekspor sehingga harganya lebih tinggi di pasaran.

Baca Juga: Polres Batang Musnahkan Ribuan Petasan

“Ada kecenderungan, produsen lebih mengirim kelapa sawit ke luar negeri sehingga pasokan untuk di dalam negeri kekuarangan bahan baku,” katanya.

Selain minyak goreng, tambah dia, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas kedelai yaitu semula sekitar Rp7 ribu/ kilogram hingga pasca-Lebaran 2021 masih bertahan sekitar Rp10.500/ kilogram.

Ant-Claudia