Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didam;pingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih menyerahkan bantuan CSR Pertamina kepada tiga organisasi peduli lingkungan.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – PT Pertamina (Persero) melalui program corporate social responsibility (CSR) memberikan bantuan ke Kabupaten Kebumen untuk program pemberdayaan lingkungan.

Bantuan diberikan kepada tiga pihak. Yaitu Kelompok Tani Hutan Pantai Selatan, Kelompok Tani Arumsari Jogosimo Klirong, dan Bank Sampah Samiun Kebumen. Total bantuan yang diberikan sebesar Rp 687 juta.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara simbolis menerima bantuan tersebut di Pendopo Rumah Bupati, Jumat (21/5/2021. Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menghadiri  acara terseeut disertai sejumlah pimpinan OPD, para camat dan penerima manfaat.

Arif Sugiyanto menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang sudah kesekian kalinya memberikan bantuan untuk pemberdayaan masyarakat. Kali ini untuk lingkungan, yakni bantuan penanaman hutan bakau atau hutan mangrove di pantai selatan Kebumen, dan bantuan pembuatan bank sampah.

Tiga kelompok peduli lingkungan menerima bantuan CSR dari Pertamina berfoto bersama Bupati Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih.(Foto:SB/Ist)

“Ini adalah bantuan untuk kesekian kalinya setelah Direktur CSR Pertamina beberapa bulan lalu hadir di Kebumen melihat potensi pariwisata di pesisir selatan Kebumen yang sangat luar biasa untuk dikembangkan dengan melibatkan peran serta masyarakat,”ujar Bupati.

Arif Sugiyanto berharap para penerima manfaat bisa menggunakan bantuan tersebut sesuai penggunaanya. Yakni mendorong pengembangan wisata berbasis lingkungan yang bersih dan indah.

Bupati berpesan bantaun tersebut harus bisa digunakan sesuai pemanfaatannya. Ke depan akan dilakukan pemantauan dan pengawasan dari Pertamina. Apakah bantuan tepat penggunaannya atau tidak.

Arya Dwi Paramita Vice president CSR & SMEPP Management PT Pertamina yang mengikuti secara virtual menyampaikan, Pertamina selalu berkomitmen melakukan pemberdayaan lingkungan melalui pemberian dana-dana CSR .

“Kebumen menjadi salah satu kabupaten yang kita pandang sangat layak dan tepat untuk diberikan SCR, karena kita sudah melihat potensi wisata di sana cukup bagus, dan pemberdayaan lingkungannya perlu diperkuat,”jelas Arya.

Arya berharap, Pertamina dan Pemerintah Kabupaten Kebumen ke depan selalu bisa menjalin kerjasama yang baik untuk pembangunan masyarakat di berbagai sektor atau bidang.

Pitra Suwito dari kelompok Bank Sampah Samiun Kebumen berserta dari Kelompok Tani Hutan Pantai Selatan Kambang Trihadi, menyampaikan terima kasih baik kepada Pertamina dan Bupati Kebumen yang sudah memberikan perhatian dengan adanya bantuan ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati dan Pertamina atas bantuannya. Perhatian dan dukungan yang diberikan terhadap persoalan lingkungan semoga bisa pariwisata di Kebumen menjadi lebih baik,”ucap Trihadi.

Pitra Suwito dari pengelola Bank Sampah Samiun juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kebumen dan Pertamina. Bantuan itu akan digunakan seluruhnya untuk pengelolaan sampah di perkotaan sehingga bisa lebih bermanfaat.

Komper Wardopo