blank

KUDUS (SUARABARU.ID) – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi Rabu (19/5) mendatangi pendapa Kabupaten Kudus.

Sejumlah pejabat serta pihak-pihak yang sempat menjadi saksi kasus korupsi mantan Bupati Kudus HM Tamzil ikut dihadirkan ke pendapa.

Kedatangan tim dari KPK tersebut dalam rangka mengembalikan barang bukti yang pernah disita saat proses hukum Tamzil digelar.

Dengan status hukum Tamzil yang kini sudah memiliki kekuatan hukum tetap, semua barang bukti yang pernah disita dikembalikan lagi ke pemiliknya.

Proses pengembalian barang bukti dilakukan secara tertutup dan dihadiri langsung oleh Bupati Kudus HM Hartopo.

Sejumlah pejabat yang nampak hadir di pendopo diantaranya Sekda Samani Intakoris, Kepala BKPP Catur Widiyanto, Kepala Disnakertrans Koperasi dan UMK Rini Kartika, Kepala Dinas Arpusda Heru Subiyantoko, Kasmudi.

Selain itu, terlihat H Haryanto, pengusaha PO Haryanto, pihak swasta yang turut diundang untuk menerima pengembalian barang bukti.

Petugas KPK yang datang ke pendopo enggan memberi keterangan lebih jauh atas proses pengembalian barang bukti tersebut.

Sementara, Bupati Kudus HM Hartopo usai acara membenarkan kalau kedatangan petugas KPK adalah dalam rangka pengembalian barang bukti dari para saksi yang disita atas kasus pidana korupsi mantan Bupati Tamzil.

“Hanya pengembalian barang bukti, karena kasusnya sudah selesai dan sudah memiliki kekuatan hukum tetap,”kata Hartopo.

Menurut Hartopo, total ada 10 orang dari unsur pejabat Pemkab Kudus dan swasta yang dipanggil untuk menerima pengembalian barang bukti.

Barang bukti yang dikembalikan diantaranya dokumen, handphone, rekening hingga surat-surat sebagaimana yang tercantum dalam amar putusan pengadilan.

“Untuk yang swasta ada pak haji Haryanto. Barang bukti yang dikembalikan kelihatannya dokumen,”tandas Hartopo.

Menurut Hartopo, selain mengembalikan barang bukti, tim dari KPK juga berpesan agar kejadian yang menimpa mantan Bupati Tamzil tidak terulang lagi.

“Pesannya hanya itu, jangan sampai kasus itu terulang lagi,”ungkapnya.

Tm-Ab