blank
Petugas berusaha memadamkan api yang membakar ruko. Foto: Eko Priyon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Sebuah rumah dan toko (ruko) di Dusun Ngasem, Desa Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, terbakar.

Peristiwa tersebut terjadi hari ini sekitar pukul 18.00. Kejadian tersebut dilaporkan ke Pemadam Kebakaran sekitar pukul 18.30 WIB. Tim pemadam berangkat pukul 18. 34 WIB.

“Waktu  penanganan pukul 19.00-20.00 WIB,” jelas petugas pemadam Yogo Tri Subarkah.

Adapun yang terbakar adalah sebuah ruko milik Erdanang Suhanda (42). Ruko tersebut dihuni empat orang. Akibat kebakaran itu dia mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta.

Yang terselamatkan sebuah rumah. Korban dari kebakaran itu Ny Sri Lestari (40) mengalami syok dan Wisnu (16) mengalami luka bakar di bagian lutut .

Menurut Yogo, dugaan sementara disebabkan arus pendek listrik atau korsleting listrik di lantai dua (kamar). Itu menyebabkan kebakaran. Kemudian api membesar dan membakar semua bagian di lantai dua.

Setelah mendapat laporan, regu piket pemadam berangkat ke lokasi dengan mengirimkan empat unit mobil pompa, dua unit tangki suplay, unit rescue, ambulans dan empat unit dari Pemadam Kebakaran Kota Magelang. Tak lama kemudian api dapat dipangkas, diisolasi dan dipadamkan dengan aman dan selamat.

Untuk kedua korban langsung dievakuasi ke RSU Tidar menggunakan ambulans Damkar dan PMI Kabupaten Magelang. Dalam penanganan tersebut juga melibatkan petugas Polsek Mertoyudan, Koramil Mertoyudan, PMI Kabupaten dan Kota Magelang, anggota Akmil dan relawan.

“Bagi masyarakat Kabupaten Magelang bila terjadi keadaan darurat, silahkan hubungi kami di nomor Call Center 112 Kabupaten Magelang atau telpon kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang maupun pos pemadam terdekat dari tempat tinggal,” pinta Yogo.

Eko Priyono