blank
Pengunjung ziarah ke Petilasan Kyai Semar di Kebun Raya Gunung Tidar, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Meski tidak ditutup, hanya jumlah pengunjungnya dibatasi sekitar 30 persen, dua obyek wisata di Kota Magelang yaitu Taman Kyai Langgeng dan Gunung Tidar, sepi pengunjung pada libur Lebaran 1442 H.

Humas Taman Kyai Langgeng, Sulaiman menerangkan,  hingga hari ketiga libur lebaran kunjungan wisatawan sepi. Tercatat tidak sampai 2.000 wisatawan yang datang ke obyek wisata milik Pemkot Magelang tersebut.

‘’Hari pertama yang berkunjung sekitar 74 orang, hari kedua sekitar 500 orang, dan hari ketiga sekitar 1.100 orang,’’ katanya, kemarin.

Dia menjelaskan, ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30 persen/hari tidak terpenuhi, karena yang rekreasi jauh dari angka itu. Taman Kyai Langgeng juga tidak mematok kunjungan wisatawan per harinya selama Lebaran.

‘’Dahulu saat Lebaran sebelum terjadi pandemi Covid-19, minimal per hari ada 5000 orang. Sekarang mencapai 30 persen sulit,’’ terangnya.

Kondisi serupa juga dialami obyek wisata Kebun Raya Gunung Tidar. Petugas  Administrasi dan Loket, Ari Budi Wibowo mengungkapkan, kunjungan wisatawan tak terlalu ramai, baru pada hari ketiga libur lebaran jumlah pengunjung mulai  meningkat.

‘’Hari pertama hanya 20 orang, hari kedua 30 orang, dan hari ketiga 280 orang,’’ ungkapnya.

Menurutnya, sejauh ini jumlah wisatawan belum signifikan, meskipun Gunung Tidar dibuka 24 jam.

‘’Sebelum Lebaran, per hari sekitar 600 orang datang ke sini selain berwisata juga berziarah,’’ tuturnya.

 

Penulis : prokompim/pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono