blank
Warga menemukan mayat bayi merah di Saluran Irigasi Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kebumen, Senin 17/5.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Seorang anak menemukan mayat bayi di Saluran Irigasi Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kebumen, Senin (17/5). Pihak berwajib menduga ibunya membuang bayi merah itu usai melahirkan.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengungkapkan, pihaknya menduga pelaku membuang bayinya sesaat setelah melahirkan.

“Saat pertama kali ditemukan, kondisi bayi masih terdapat tali pusar sehingga dimungkinkan dibuang sesaat setelah melahirkan,”jelas Iptu Tugiman saat dikonfirmasi.

blank
Petugas Polsek Ambal dan Polres Kebumen mengevakuasi mayat bayi dari Saluran Irigasi.(Fotol;SB/Ist)

Ironisnya, bayi merah itu kali pertama yang menemukan anak kecil. Bocah itu melihat ada sesosok  bayi dan awalnya mengira sebagai boneka mainan yang hanyut . Namun saat didekati dan hendak diambil di Sungai Desa Lajer ternyata mayat bayi merah. Tak pelak penemuan mayat bayi itu menggegerkan warga.

Kuat dugaan pula, bayi malang tersebut dibuang karena orang tuanya tidak menghendaki anaknya lahir ke dunia.  Jenazah bayi malang itu dalam waktu dekat tetap akan dilakukan autopsi untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

Di sisi lain, warga sekitar semula mengira mayat bayi tersebut bangkai ayam yang hanyut di saluran irigasi. Namun setelah dilihat lebih seksama, sesosok bayi lengkap dengan tali pusar serta ada bercak darah.

Penemuan mayat bayi itu pun segera dilaporkan ke Polsek Ambal. Petugas Polsek Ambal dan Polres Kebumen tak lama kemudian mendatangi lokasi kejadian dan mengevakuasi mayat bayi tersebut.

Selanjutnya petugas melakukan identifkasi mayat bayi merah tersebut dan akan diautopsi di RS Margono Soekarjo, Purwokerto.

Komper Wardopo