blank
Tempat penyalaan lilin yang terbakar di area wisata Sam Poo Kong. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kebakaran terjadi di lokasi wisata religi Sam Poo Kong Kota Semarang pada Senin pagi (17/5/2021).

GM Operasional Wisata Sam Poo Kong, Anandita Rinaldie menyampaikan, kebakaran yang terjadi pagi tadi disebabkan karena matinya lilin di tempat penyalaan lilin.

Menurut Rinaldie, kebakaran terjadi sekitar pukul 6.20 WIB di tempat penyalaan lilin. Lilin-lilin tersebut selalu menyala selama satu tahun, dan akan diganti pada saat perayaan Imlek.

“Di tempat penyalaan lilin ini ada 4 lilin, yakni 2 lilin besar dan 2 kecil. Namun lilin yang kecil habis dan membakar alas, sehingga terjadilah kebakaran,” ungkap Rinaldie.

Disebutkan bahwa lilin-lilin ini merupakan dari donatur tetap yang setiap tahunnya selalu mengganti dengan lilin yang baru.

“Awalnya security sudah berusaha memadamkan api. Tapi kami juga dibantu dari pihak pemadam kebakaran Kota Semarang, dan api berhasil padam pada pukul 7.15 WIB.

Rinaldie juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, dan TNI-Polri yang sudah membantu.

Rinaldie menyampaikan kepada masyarakat bahwa tempat wisata Sam Poo Kong dalam keadaan baik-baik saja, dan siap dikunjungi masyarakat.

Sebelumnya diberitakan adanya peristiwa kebakaran di kompleks wisata Sam Poo Kong yang menyebar melalui video di media sosial.

Dalam video yang beredar, terlihat asap hitam mengepul dari kompleks Sam Poo Kong. Begitupun suara sirine mobil pemadam kebakaran juga terdengar.

Diketahui, Klenteng Sam Poo Kong yang terletak di Jalan Simongan No 129, Kelurahan Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, merupakan wisata religi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat.

Meski dalam kondisi pandemi, Sam Poo Kong tetap diramaikan oleh para wisatawan.

Ning