blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat menempel stiker pada kendaraan setelah menjalani pemeriksaan lengkap. Foto: Dok/ ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar melakukan pengecekkan dan pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung, Minggu (16/5/2021).

Luthfi mengatakan, jajaran Polda Jawa Tengah (Jateng) selama kegiatan penyekatan di 14 titik pos pengamanan terpadu sudah memutar balikkan sebanyak 11.750 kendaraan.

“Bahkan kita sudah periksa kendaraan yang memasuki wilayah Jateng sebanyak 43 ribu kendaraan, sudah kita periksa pada saat arus mudik,” jelas Luthfi.

Menurutnya, dari 11.750 yang sudah putar balik antara lain dari Jawa Barat ke Jateng sebanyak 7.000 kendaraan, dari Jatim ke Jateng sebanyak 6.000 kendaraan, dan 5000 kendaraan dari DIY ke Jateng.

“Hari ini, kita tidak melakukan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi melakukan pemeriksaan terhadap arus balik,” ucap Luthfi.

Dalam kegiatan pemeriksaan ini pihaknya bekerja sama dengan Satgas Covid-19 Provinsi dan Pemerintah Kota Semarang, yakni melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan meninggalkan Provinsi Jawa Tengah di pos pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung.

“Apabila masyarakat tidak melengkapi dengan surat-surat administrasi, seperti dokumen keterangan Swab, SIKM, KTP di Pos Kalikangkung, maka akan kita lakukan Test Swab Antigen,” terangnya.

Jika dalam Tes Swab Antigen terbukti reaktif, mereka akan langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat. Namun jika terbukti negatif, akan diberikan surat keterangan, dan kendaraan akan ditempeli stiker untuk memastikan yang bersangkutan berhak melakukan perjalanan.

“Kita sudah lakukan mulai kemarin, hingga hari ini sudah ada 7.000 kendaraan yang menjalani pemeriksaan. Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait yang kita lakukan ini,” ungkapnya.

Disampaikan, Pos Terpadu Kalikangkung juga menyiapkan Tes Swab Antigen gratis bagi pemudik yang keluar dari Jawa Tengah. Kemudian kendaraan yang akan balik ditempeli stiker biru setelah pemeriksaan dinyatakan lengkap.

“Ada 18 rest area yang sudah kita siapkan PPKM Mikro. Kita juga siapkan Tes Swab Antigen dan memberikan himbauan kepada mereka,” tandasnya.

Ning