blank

Oleh : Dr. H. M. Fakhruddin

 Akankah lebaran tahun ini kita ikuti hawa nafsu  mengonsumsi semua yang tersedia? Padahal kita tahu bahwa sebagian besar penyakit bersumber dari makanan dan minuman yang berlebihan, tidak seimbang dan kurang bersihnya makanan dan minuman yang disantap.

Jika tidak waspada akan timbul penyakit dan bisa menjadi lebih berat pasca Ramadhan. Beberapa penyakit tersebut antara lain :

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)                                                      

Ditandai batuk, pilek, demam, nyeri/gatal/rasa kering tenggorokan, kadang suara menjadi parau. Disebabkan karena saluran pernafasan teriritasi makanan dan minuman tertentu serta debu perjalanan, juga dipermudah karena faktor kelelahan fisik. Hindari makanan minuman yang merangsang, terlalu berlemak,berpengawet, berpewarna, minuman dingin, bersoda. Juga jaga kondisi tubuh tetap fit.

blank

Diare

Biasanya timbul karena makanan dan minuman yang masuk kurang berimbang dandalam jumlah yang berlebihan. Apalagi jika tercemar bakteri. Maka selama lebaran sebaiknya mengatur jenis dan jumlah makanan serta hindari makanan yang mungkin tercemar bakteri dan yang sudah basi.

Tifus

Timbul karena mengkonsumsi makanan yang mengandung kuman typhoid yang ditularkan lalat ke dalam makanan. Untuk itu hindari makanan yang kemungkinanbesar dihinggapi lalat, misalkan makanan yang tidak tertutup atau jajan di dekat tumpukan sampah.

Maag

Biasanya dipicu oleh makanan atau minuman yang merangsang produksi asam lambung. Maka hindari makana terlalu pedas, terlalu asam, es, minuman bersoda, berpengawet, rokok, kopi dan alkohol. Jangan biasakan terlambat makan, dan hindari makanan dalam jumlah berlebihan sekaligus.Serta jangan terlalu capai badan atau pikiran.

Hiperkolesterol                                                                       Yaitu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Akan naik jika selama lebaran sering mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol. Hal ini bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti stroke, gangguan jantung, hipertensi dan lain – lain. Maka selama lebaran disamping harus menghindari makanan berkolesterol tinggi dan tetap harus olah raga teratur seperti jalan kaki, joging, senam dan lain-lain.

 Peningkatan asam urat

Disebabkan mengonsumsi makanan yang tinggi kadar asam urat. Maka hindari jerohan ( usus, paru, limpa,hati, jantung ), otak, balungan, kikil, kerang udang, cumi, kepiting, kacang-kacangan, emping, mete, daun singkong, bayam. Usahakan minum air putih yang banyak untuk mengeluarkan asam urat lewat urin.

Hipertensi                                                                              Penderita harus menghindari asin, garam jangan berlebihan atau pakai garam pengganti. Rokok dan kopi juga harus dihindari. Sebaiknya tidak mengonsumsi daging kambing. Jika penderita hipertensi tidak mampu mengatur pola makan bisa menimbulkan stroke.Jangan terlalu capai, istirahat cukup dan lakukan olah raga ringan secara teratur.

Stroke                                                                                       Ditandai dengan kelumpuhan anggota badan yang bisa ringan atau berat. Hindari makanan yang terlalu asin bagi penderita hipertensi. Juga hindari makanan yang mengandung kolesterol. Jangan terlalu capai badan dan pikiran.

Diabetes                                                                                    Jika selama lebaran penderita tidak bisa mengatur pola  dan jumlah makanan maka Diabetes akan memberat. Disarankan asupan makanan sesuai kebutuhan, mengurangi makanan dan minuman hidangan lebaran yang manis. Jaga kebugaran tubuh dengan olah raga yang cukup dan teratur. 

Penyakit Jantung

Aktifitas yang berlebihan dan pola makan yang kurang baik selama lebaran dapat memperberat penyakit jantung. Aktifitas yang dipaksakan diluar kemampuan tubuhmaka pompa jantung akan tidak mampu lagi bekerja dengan baik sehingga timbul gagal jantung ditandai sesak napas juga nyeri dada sebelah kiri yang semakin memberat.

Penulis adalah anggota IDI Cabang Jepara dan FKTP BPJS Kesehatan Bangsri