blank
Sandiaga Uno

JEPARA (SUARABARU.ID) – ““Saya tertarik dan ingin ke Karimunjawa. Saya belum pernah kesana”, ujar Sandiaga Salahuddin Uno.

Pernyataan spontan tersebut disampaikan oleh  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI seusai mendengarkan paparan Bupati Jepara Dian Kristiandi terkait dengan sejumlah  potensi desa wisata di Jepara.

blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat berada di Tanjung Gelam Karimunjawa. ( Foto : UUT)

Pemaparan Bupati Jepara tersebut dilakukan dalam  diskusi virtual dengan tema Gerak Bersama Untuk Desa Wisata dan Desa Wirausaha di Jawa Tengah,

Konferensi melalui sambungan video tersebut digelar pada Senin (10/5) di Jakarta. Sementara Dian Kristiandi mengikuti dari Pendopo R.A Kartini Jepara. Dalam paparan tersebut, Sandiaga langsung tertarik dan ingin segera mengunjungi Pulau Karimunjawa.

Acara yang juga diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Semarang tersebut tidak hanya membahas desa wisata, namun juga produk kreatif dan digital.

Karena itu sebelum Sandiaga ke Karimunjawa, Bupati Dian Kristiandi melalui dinas terkait diminta menyiapkan terlebih dahulu rencana pemasaran terintregasi.Salah satu layanan tersebut adalah adanya layanan travel bagi wisatawan.

Harapanya, dengan adanya layanan travel tersebut dapat menjadi panduan bagi para travel agent dalam menyusun produk paket wisata karimunjawa.

Bupati Jepara Dian Kristiandi juga menyampaikan, untuk pengembangan desa wisata pemerintah daerah telah mengadakan lomba desa untuk memacu pembangunan. Terutama masalah inovasi dan keterlibatan swadaya masyarakat.

Hadepe – Ulil Abshor