blank

Sukoharjo :(SUARABARU.ID) : Bank  Indonesia sedang giat memberikan edukasi kepada pedagang mengenai QRIS. Pada saat ini Bank Indonesia membawa tagline ADIPATI QRIS yang memiliki kepanjangan Akselerasi Digitalisasi Pasar Tradisional Menggunakan QRIS.

Pada kesempatan ini, hari Selasa (27-04-2021) Bank Indonesia bersama Bank Jateng Cabang Sukoharjo melakukan sosialisasi tentang QRIS kepada pedagang Pasar Bekonang, Sukoharjo.

Sosialisasi ini diikuti oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Sukoharjo, serta 30 pedagang Pasar Bekonang.

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Bidang Pasar Disperindagkop Kabupaten Sukoharjo, Santoso Budi. Dalam sambutannya Budi menyampaikan dukungan penuh terhadap digitalisasi pasar. “Saya mendukung penuh, segala bentuk digitalisasi pasar, karena hal tersebut memudahkan pembayaran di pasar,” tegasnya.

Budi berharap semua pasar tradisonal di Sukoharjo bisa menggunakan pembayaran dengan QRIS. Selanjutnya Lintang dari Bank Indonesia menyampaikan tentang benefit-benefit menggunakan QRIS apalagi di tengah pandemi seperti ini.

“Salah satu upaya mengendalikan pandemi adalah dengan menggunakan transaksi non tunai, salah satunya dengan QRIS ini,” ujarnya. Selain itu Lintang juga menyampaikan bahwa 1 Kios cukup memiliki 1 QRIS saja dan bisa menerima semua pembayaran dari semua e-wallet. “Itulah fungsi dari QRIS, 1 barcode bisa untuk semua pembayaran, untuk pembukaan QRIS dapat menghubungi Bank atau PJSP pilihan pedagang,” tegasnya.

Selanjutnya pihak Bank Jateng Cabang Sukoharjo diwakili Setyo Nugroho menyampaikan tentang QRIS yang dimiliki oleh Bank Jateng. Setyo menyampaikan QRIS Bank Jateng dapat dibuat melauli aplikasi QREN. “Pada saat ini bagi Bapak, Ibu pedagang yang membuat akan mendapatkan reward dari Bank Jateng sebesar Rp125.000,-,” tambahnya.

Selain itu Pasar Bekonang ini dekat dengan Bank Jateng KCP Mojolaban sehingga tidak perlu khawatir apabila ada yang perlu di koordinasikan.

“Bagi Bapak Ibu yang berminat bisa menghubungi saya atau Bank Jateng terdekat,”imbuhnya.
Sosialisasi ini berjalan dengan baik, sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Bank Jateng