blank
Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, sambutan saat Safari Gemarikan di Balai Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati bertekad menurunkan angka stunting yang ada di wilayahnya. Hal ini diungkapkan saat mengikuti Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang digagas oleh Firman Subagyo, anggota Komisi IV DPR-RI, Rabu (05/05/2021), di Balai Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban.

Safari Gemarikan adalah program Kementerian Kelautan dan Perikanan RI sebagai gerakan nasional yang dilaksanakan dari tingkat pusat hingga daerah dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Tingkat stunting di Kabupaten Blora saat ini berada di angka 14%. Meski angka ini berada di bawah angka nasional (27%) dan di bawah standar WHO (20%), namun Tri Yuli tetap memandang permasalahan stunting ini sebagai masalah yang harus dipecahkan bersama.

“Safari Gemarikan ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah untuk menekan angka stunting. Maka sangat penting kampanye gemarikan ini terus digaungkan,” ujar Tri Yuli.
Tri Yuli menjelaskan pentingnya mengkonsumsi ikan bagi masyarakat, utamanya anak-anak di masa pertumbuhan. Untuk itu, perlu diberikan edukasi kepada masyarakat secara berkelanjutan akan pentingnya makan ikan untuk memenuhi gizi anak sebagai upaya pencegahan stunting.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Firman, semoga sinergi antara Komisi IV DPRD, Kementerian KKP, dan Pemerintah Daerah membawa hasil positif bagi peningkatan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Firman Subagyo yang hadir secara virtual mengatakan bahwa Komisi IV DPR-RI berkomitmen mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Blora dalam rangka penurunan angka stunting.