blank
Sejumlah anggota Kodim Magelang memasak mi goreng untuk pelengkap nasi kardus yang sorenya. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kodim 0705/Magelang sejak beberapa hari ini menanak nasi beserta memasak lauknya untuk dibagikan kepada warga kurang mampu. Untuk keperluan itu melibatkan 75 orang anggota militer maupun sipil setempat.

Tentu untuk keperluan itu membutuhkan beras dan sayuran dalam jumlah yang tidak sedikit. Selanjutnya nasi beserta lauknya ditata di dalam kertas kardus.

Salah satu anggota Kodim, Serma Sakimun, ketika ditemui di sela-sela ikut memasak di halaman samping Kodim menuturkan, yang dimasak hari ini berasnya 110 kilogram (kg). Untuk sayurannya berupa kacang panjang  45 kg, tomat 15 kg, tahu  200 potong, tempe 45 potong, bakmi tiga kardus, telur 55 kg. Sebagai pelengkap hidangan nasi kardus juga disediakan pisang maulin 20 sisir, kerupuk  40 plastik.

“Hari ini menggunakan minyak 20 liter, cabai besar merah 2,5 kg, cabai keriting 3,5 kg, cabai rawit 2,5 kg, brambang 3 kg, bawang 4 kg, kecap 3 botol besar,” jelas petugas bagian humas itu.

Sakimun juga menginformasikan, penyaluran nasi kardus itu hari ini akan dibagikan kepada warga kurang mampu di wilayah Kecamatan Grabag, Mungkid, Windusari, Kabupaten Magelang. Selain itu di wilayah Magelang Utara, Magelang Selatan dan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Setiap bakti sosial itu membagikan sekitar 700 nasi kardus.  Adapun pembagiannya dilakukan tanggal 3, 5, 7, 9 dan 11 Mei 2021. Lokasi pembagiannya di beberapa titik wilayah Kota dan Kabupaten Magelang. Juga dilakukan di sejumlah Koramil.

Eko Priyono