blank

TEGAL (SUARABARU.ID)  – Tim Dinas Kesehatan Kota Tegal bersama instansi terkait telah menemukan sejumlah makanan yang tidak layak jual termasuk mengandung formalin di 12 tempat yang ada di Kota Tegal.

blank
SIDAK – Tim Dinas Kesehatan Kota Tegal melaksanakan sidak ke sejumlah Mall. (foto: nino moebi)

Penemuan makanan mengandung formalin  dan kadaluwarsa tersebut didapati saat tim dari Dinkes Kota Tegal melakukan operasi makanan dan minuman yang dilakukan sejak Senin 3 hingga Rabu 5 Mei 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari saat dikonfirmasi di kantornya Rabu (5/5/2021) mengatakan, ada 12 tempat yang di random sebagai sidak operasi makanan dan minuman.

Dari 12 tempat yang di sidak ternyata masih ditemukan adanya makanan yang mengandung bahan berbahaya. Makanan yang mengandung formalin tersebut terutama pada ikan teri Medan basah, teri nasi, cumi kering dan ikan asin teri.

“Tetapi setelah ditelusuri ternyata makan tersebut bukan mengambil dari Kota Tegal tetapi dari luar Kota Tegal,” ungkap Sri Prima.

Prima mengaku atas temuan tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dari dimana bahan makanan tersebut berasal.

Selain menemukan makanan mengandung formalin, pihaknya juga menemukan beberapa makanan yang sudah kadaluwarsa.

Pihaknya sudah menghimbau kapada para penjual untuk lebih meningkatkan super visi terhadap makan yang dijual. “Jangan sampai yang ijin edarnya sudah habis, ada yang tidak ada tanggal kadaluwarsanya dan ada yang kemasannya rusak,” jelas Prima.

Kepada warga masyarakat Prima menghimbau, apa bila akan membeli makanan agar sebelumnya diperiksa kemasannya dipastikan tidak rusak, dilihat ED (expired date). Kalau tidak ada tanggal kadaluwarsa sebaiknya tidak dibeli.
“Jadi masyarakat benar-benar bisa aman dalam mengkonsumsi makanan yang dibeli,” tutur Prima.

Untuk mengecek makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti formalin Prima menjelaskan, biasanya makanan tersebut tidak dihinggapi lalat. Apabila di makanan tahu teksturnya menjadi keras tidak lembut. Dan untuk warna biasanya akan mencolok atau ngejreng apa bila makan menggunakan bahan pewarna.

Pada Rabu (5/5/2021) dari Rita Mall tim mendapati 5 macam makan yang ditarik berupa makan jenis tauco enachan sebanyak 6 kantong ED: 22.04.2021. Cireng krezz 1 kantong tidak ada ED. Kulit pangsit berlian food sebanyak 5 kantong dengan kondisi kemasan rusak. Geprek kota seribu bunga 1 kantong dengan ED tidak di centang. Dan krupuk slondok khas Magelang 1 kantong dengan ED tidak dicentang.
Nino Moebi