blank
Uang rupiah pecahan seratus ribu dan lima puluh ribu, ditemukan berceceran di ruas Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan protokol Kota Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARUI.ID) –Tim patroli Polres Wonogiri, menemukan uang rupiah yang berceceran di ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Wonogiri.

Uang kartal yang berceceran tersebut, terdiri atas uang kertas lembaran merah pecahan seratus ribu dan lembaran biru pecahan lima puluh ribu.

Berdasarkan UU Bank Sentral Nomor: 13 Tahun 1968, uang kartal menjadi alat pembayaran sah transaksi jual beli.

Kapolres Wonogiri AKBP Chrisitian Tobing melalui Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, semalam, menyatakan, polisi belum mengetahui siapa pemilik uang tersebut.

Penemuan uang yang berceceran di ruas jalan protokol Kota Wonogiri itu, Sabtu pagi (24/4), secara tidak sengaja oleh Tim Patroli Pleton V Polres Wonogiri.

Diamankan

Anggota Tim Patroli Brigpol Febri dan Bripda Edo, mendapati uang itu berceceran bagai tersebar di jalan. ”Terdiri atas pecahan ratusan ribu dan limapuluhan ribu,” jelas Aipda Iwan.

blank
Warga membantu mengumpulkan uang yang bececeran di Jalan Jenderal Sudirman Kota Wonogiri. Sebelum kemudian diamankan oleh petugas patroli.

Polisi mengamankan temuan uang yang sampai sekaran belum tahu siapa pemiliknya, ”Bagi yang kehilangan uang tersebut, dapat menghubungi petugas,” tegas Aipda Iwan.

”Atau dapat mengontak ponsel petugas patroli Brigadir Febri dengan Nomor:+62 822-2106-0438,” jelas Aipda Iwan tanpa menyebutkan jumlah nominalnya.

Mengapa uang tersebut bececeran di jalan ? Muncul spekulasi pendapat bisa terjatuh ketika mengendarai sepeda motor, sehingga pembawa (pemilik)-nya tidak menyadari.

Pendapat lain, ada yang menyebutkan itu sebagai uang pancingan terkait black magic. Yakni sebagai upaya mencari tumbal pesugihan, dengan mengorbankan nyawa penemunya.

Bambang Pur