Para pecinta alam bersama Forkompimcam Jatisrono, Wonogiri, menggelar aksi mencabuti paku di pohon, dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia 2021.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Aksi mencabuti paku di pohon, dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bumi Sedunia Tahun 2021 di Kecamatan Jatisrono, Wonogiri.

Pohon-pohon turus (peneduh) jalan, banyak dijadikan sasaran penempelan aneka iklan. Penempelannya dipakukan pada batang pohon.

Menyikapi hal tersebut, berbagai organisasi pencinta alam, peduli untuk mencabutinya. Itu mereka lakukan dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia Tahun 2021.

Para pencinta alam itu datang dari Saka Giri, Saka Wira Kartika Koramil 14/Jatisrono, bersama para siswa dari SMAN Jatisrono, SMK Pancasila 2 dan 6 Jatisrono.

Mapala Yogya
Juga para murid dari SMK YISS (Yayasan Ibu S Soemoharmanto) Jatipurno, SMK Negeri I Jatiroto dan perwakilan Anggota Mapala dari Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Jatisrono, Suradi, Batuud Koramil 14/Jatisrono Peltu Suyata, Kapolsek Jatisrono AKP Sukardi dan Pembina Pramuka.

Kegiatan ini, diawali upacara pembukaan dipandu oleh Pembina Pramuka Kak Teguh selaku Ketua Panitia. Dirangkai pembagian kelompok.

Jajaran Forkompimcam Jatisrono, Wonogiri, mendukung aksi mencabuti paku di pohon dalam memperingati Hari Bumi Sedunia 2021.

Kepada masyarakat diseru untuk tidak ringan menempelkan sesuatu dengan cara dipaku ke pohon. ”Itu mengganggu dan merusak pohon,” tegas Kak Teguh.

Lokasi aksi pencabutan paku, berlangsung di sepanjang jalan Jatisrono-Jatipurno, Jatisrono-Slogohimo, Jatisrono-Jatiroto, Jatisrono-Sidoharjo.

Masing-masing kelompok membersihkan paku di pohon dengan jarak 1 sampai 1,5 KM. Kemudian dilanjutkan sarasehan dan buka bersama di Gedung Gotong-Royong.

Bambang Pur