blank
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Antara

MEDAN (SUARABAR.ID) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap potensi terjadinya hujan lebat di wilayah pesisir timur dan barat Provinsi Sumatera Utara.

Sub Kordinator Pelayan Jasa BMKG Wilayah I Medan, Sri Wahyuni di Medan Jumat menjelaskan, berdasarkan pantauan satelit dan Info prakiraan cuaca dan Hotspot Propinsi Sumatera Utara, Jumat (23/4/2021) pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan untuk sebagian wilayah lereng barat Sumatera Utara dan sekitarnya.

Siang hari berpotensi hujan ringan hingga sedang berpeluang terjadi di Wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

Baca Juga: BMKG Sebut Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang

Sementara sore ke malam hari potensi hujan ringan hingga – lebat berpeluang terjadi di Wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya dan dini hari berawan-hujan ringan di sebagian wilayah lereng Timur.

Sementara prakirawan Endah Paramitha menjelaskan suhu udara 24.0–31.0 derajat celcius, kelembapan udara 60 – 97 persen, dan angin berhembus dari barat daya–timur laut dengan kecepatan 5–30 km/jam.

Untuk prakiraan gelombang laut di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, perairan barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, perairan Nias Sibolga, Samudera Hindia Barat Nias (Kategori Sedang 1.25-2.5 meter).

BMKG mengimbau tetap waspada akan terjadinya hujan lebat disertai angin kencang dan badai petir di di wilayah pesisir timur dan barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Ant-Claudia