blank
Lukisan imajiner Ratu Kalinyamat karya Ary Jadmiko.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Setelah  dua kali pengajuan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional dikembalikan sebab kurangnya sumber primer, kini muncul optimisme baru. Sebab tim ahli telah mendapatkan 8 bukti primer dari Portugal.

blank

Dalam sumber primer itu dinyatakan bahwa Ratu Kalinyamat atau yang disebut sebagai  Rainha de Japara  adalah Ratu yang memimpin Jepara dan telah melakukan gerakan patriotik melawan kolonialisme.

blank

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Pusat Studi Ratu Kalinyamat Unisnu Jepara,  Murniati, S.Sos.I., M.S.I kepada SUARABARU.ID saat ditanya tentang surat pernyataan sikap  yang telah dikeluarkan oleh lembaga yang dipimpinnya.

Surat pernyataan yang ditujukan kepada tim pusat Yayasan Dharma Bakti Lestari ini    ditembuskan kepada Bupati, Ketua DPRD dan Ketua Komisi DPRD Jepara. Surat pernyataan sikap  tersebut juga ditandatangani oleh Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. tanggal 21 April 2021.

blank

“Sekarang tidak ada alasan untuk meragukan  keberadaan Ratu Kalinyamat baik dari segi akademik maupun praktis. Harapan kami pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional dapat diterima sebab beliau adalah tokoh perempuan  inspiratif yang wajib dihormati dan dihargai ditingkat nasional,” ujar Murniati.

blank

Oleh sebab itu Pusat Studi Ratu Kalinyamat Unisnu mendukung Ratu Kalinyamat dijadikan sebagai pahlawan nasional. “ Ratu Kalinyamat telah membangun fondasi protonasionalisme melalui jiwa patriotisme untuk mengusir penjajah. Juiga simbol emansipasi wanita di Nusantara dan telah melakukan equal leadership,” ujarnya.

blank

Disamping itu menuriut Murniati Pusat Studi Ratu Kalinyamat Unisnu juga mendorong  pemerintah Kabupaten Jepara untuk memberikan dukungan baik formil, moril maupun material atas pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional.

“ Pusat Studi  Ratu Kalinyamat Unisnu  Jepara siap membantu secara moril untuk melakukan upaya sosialisasi secara maraton guna mendukung dan membumikan keberadaan Ratu Kalinyamat sebagai tokoh yang  benar-benar dicintai dan menjadi inspirasi baik dalam ranah domestik maupun public,” ungkap Murniati.

Hadepe – Ulil Abshor