blank
Ledakan yang diduga berasal dari racikan obat petasan terjadi di sebuah rumah yang hanya berjarak sekitar 7 meter dari Mapolsek Mertoyudan, Kamis ( 22/4) dinihari. Foto; Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)-Sebuah ledakan yang diduga berasal dari racikan petasan terjadi di sebuah rumah di jalan lingkar Pasar Anyar RT1 RW 6, Desa Sumberrejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Kamis ( 22/4) sekitar pukul 01.45 dini hari.

Ledakan yang diduga berasal dari obat petasan tersebut menyebabkan, rumah tersebut mengalami kerusakan di bagian  kaca ventilasi pecah dan  atap genteng berantakan.

Lokasi ledakan tersebut tidak jauh dari Mapolsek Mertoyudan, atau hanya berjarak sekitar 7 meter  dan berada di samping jalan menuju wilayah Desa Sumberrejo.

“Dugaan sementara ledakan ini berasal dari obat mercon yang dirakit oleh dua  penghuni rumah tersebut,” kata Kapolsek Mertoyudan, AKP Soedjarwanto.

Soedjarwanto mengatakan, peristiwa tersebut terjadi menjelang saat makan sahur dan tiba-tiba terdengar suara ledakan.

Setelah mengetahui adanya ledakan tersebut, petugas piket Polsek Mertoyudan yang lokasinya berdekatan dengan tempat kejadian langsung mendatangi.  Setelah itu, mengevakuasi dua korban ke RSU Tidar Magelang.

Ia menjelaskan, pada kejadian tersebut satu orang tewas dan satu orang lainnya mengalami luka berat. Korban yang meninggal dunia tersebut berinisial Ellen Putra Ramadhan (21) dan yang luka berat Teddy ( 21) warga Treko, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang .

Menurutnya, korban yang meninggal dunia telah dimakamkan di Desa Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, sedangkan yang mengalami luka-luka masih dirawat di RSU Tidar Magelang.

Ia menambahkan, setiap harinya rumah tersebut digunakan bengkel di malam hari. Sedangkan saat siang hingga petang rumah tersebut dalam keadaan kosong.

“Sumber ledakan berada di kamar tengah,” katanya.

Petugas Satreskrim Polres Magelang yang melakukan olah  tempat kejadian perkara menemukan sejumlah barang bukti, berupa beberapa lembar kertas sumbu mercon dan barang bukti lainnya.

Asap Pekat

Sementara itu, Yanti, salah satu warga setempat mengatakan, ledakan yang cukup keras tersebut juga menyebabkan kaca-kaca jendela miliknya ikut bergetar. Jarak  antara rumah dirinya dengan lokasi ledakan sekitar 50 meter.

“Suara ledakan cukup keras dan menyebabkan kaca jendela ikut bergetar,” katanya.

Ia menambahkan, setelah mendengar suara ledakan itu dirinya yang hendak membuka warung untuk persiapan sahur, sempat melihat kepulan asap hitam yang pekat dari atas rumah tersebut. Yon

K