JEPARA (SUARABARU.ID)- Sejumlah komunitas di Kota Jepara melakukan aksi solidaritas dalam bentuk penggalangan dana untuk korban bencana di Flores dan Malang.

Mereka  tergabung dalam Komunitas Relawan Jepara (KRJ), Lindu Aji, Shabana, Banser Mindahan Kidul, Jepara Green Generation (JGG), Pasus Pandewa SMA 1 Mayong, Jepara Reaksi Cepat (JRC), Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi), dan Kamar Dagang Industri (Kadin) Jepara, melakukan aksi penggalangan dana di Pantai Teluk Awur  Jepara belum lama ini.

blank
Berbagai konitas himpun dana untuk bencana Malang dan Flores

Aksi yang diinisiasi oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Regional Jepara dan  Gerakan Pungut Sampah Jepara ini, selain melakukan penggalangan dana di Pantai Teluk Awur juga melakukan aksi di traffic light Pekeng, Rahayu, dan Bangsri.

Koordinator lapangan Gerakan Pungut Sampah (GPS) Ratna, mengatakan saat ini Pantai Teluk Awur sudah ramai pengunjung. Aksi kolaborasi ini selain dalam rangka penggalangan donasi juga sekaligus aksi pungut sampah. Sekaligus sosialisasi program menukar sampah dengan sembako.

blank
Penggalangan dana kemanusiaan

Sementara itu, Syifaudin Ketua MRI Regional Jepara mengaku sangat bersyukur penggalangan donasi ini terkumpul dana sebesar Rp. 3.012.000.

“Donasi ini akan langsung kami serahkan sepenuhnya kepada korban melalui relawan yang ada di lokasi. Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Jepara dan pengunjung Pantai Teluk Awur yang telah berpartisipasi dalam penggalangan donasi hari ini”, pungkas Syifaudin.

Ulil Abshor