blank
Usai mengambil sumpah, mereka juga diminta melakukan penandatanganan pakta integritas. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kapolres Grobogan AKBP Juri Leonard Siahaan memimpin pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas panitia seleksi penerimaan calon bintara-tamtama Polri 2021. Kegiatan yang berlangsung di ruang PPKO Polres Grobogan ini juga diikuti peserta dan orang tua peserta, Selasa (13/4/2021).

Kegiatan tersebut memang digelar serentak di tingkat polres jajaran Polda Jateng. Namun, pandemi covid-19 membuat kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ini dilaksanakan secara virtual.

blank
Para peserta melakukan pengambilan sumpah yang dipimpin Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan. Foto : hana eswe.

Menurut Kabag Sumda Polres Grobogan, AKP Ngadiyo, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan untuk seleksi calon taruna Akpol pada 16 April mendatang.

Selain pelaksanaan untuk Bintara dan Tamtama hari ini, juga akan dilaksanakan kegiatan serupa untuk calon Taruna Akpol pada 16 April 2021 mendatang. Kemudian, tujuan dari penandatanganan pakta integritas ini merupakan komitmen bersama unsur-unsur terkait sehingga penerimaan Polri dapat berjalan sesuai dengan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (Betah).

“Kegiatan bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh panitia, orang tua maupun peserta ujian dalam proses penerimaan Polri,” tambahnya.

Pihaknya menambahkan, dari kegiatan ini panitia, peserta dan orang tua peserta seleksi mempunyai komitmen yang sama untuk tidak melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan seleksi penerimaan calon anggota Polri.

“Saya mengharapkan apa yang telah kita ucapkan dan tanda tangani tadi hendaknya dapat diimplementasikan dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, negara Tuhan yang Mahaesa, sehingga secara konkret kita telah berusaha memberikan yang terbaik untuk organisasi Polri,” tambahnya.

Hana Eswe