blank
Rektor Undip Prof Yos Johan Utama meninjau pelaksanaan UTBK. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 yang dilakukan secara serentak berjalan tertib dan lancar, Senin (12/4/2021).

UTBK sendiri adalah tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

“Alhamdulillah, pelaksanaan UTBK hari pertama berjalan tertib dan lancar,” kata Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama, saat melakukan tinjauan UTBK di sejumlah ruang kampus.

blank
Dengan protokol kesehatan, antara lain mencuci tangan pakai sabun sebelum mengikuti UTBK dilakukan para peserta uji. Foto: Ist

Ujian ini dilaksanakan dalam dua sesi, yakni sesi pagi dimulai pukul 06.45-10.30 wib dan sesi siang pukul 13.00-16.35 wib. Jeda waktu sesi pagi dan siang diatur mengingat kondisi pandemi saat ini.

Untuk tahun 2021, jumlah peserta UTBK di Universitas Diponegoro (Undip) sebanyak 25.302 orang yang terdiri dari program sains teknologi sebanyak 12.681, sosial hukum sejumlah 11.971, dan campuran berjumlah 650 orang.

Pada hari pertama ini, Rektor beserta Wakil Rektor dan para Dekan Fakultas melakukan peninjauan ke lokasi ujian untuk memantau pelaksanaan UTBK. Undip sendiri melaksanakan 24 sesi ujian yakni pada tanggal 12 hingga 19 April, dan 26 hingga 30 April 2021.

Tes dilaksanakan di kampus Pleburan dan Tembalang. Jumlah peserta UTBK di kampus Undip Pleburan setiap hari (2 sesi) sejumlah 390 orang. Sedangkan jumlah peserta UTBK di kampus Undip Tembalang setiap harinya ada 1.980 orang yang juga dibagi dalam dua sesi.

Tempat pelaksanaan UTBK di kampus Undip di kampus Peleburan, adalah Gedung MKU Pleburan dan Sekolah Pascasarjana. Adapun kapasitas kursi ruangan disesuaikan dengan jumlah peserta ujian dengan memperhatikan jarak sesuai protokol kesehatan yakni 1,5 meter.

“Ini adalah kali kedua Undip melaksanakan tes UTBK di masa pandemi. Melaksanakan protokol kesehatan sesuai yang diberlakukan oleh LTMPT. Mulai dari petugas ruang dan peserta, semuanya mentaati tata tertib UTBK dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Senada dengan Prof. Yos, Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Budi Setiyono, menjelaskan, dari hasil pantauan pelaksanaan UTBK hari pertama hasilnya berjalan lancar.

“Ini semua tidak lepas dari persiapan yang sudah dijalankan sebelum pelaksanaan UTBK,” kata Prof. Budi.

Dikatakan, Undip sebelumnya sudah banyak melakukan persiapan yang dilakukan dengan baik, meliputi pengecekan ketersiadaan ruangan, komputer, sarana-prasarana termasuk protokol kesehatan, termasuk juga petugas jaga ruang dan petugas kesehatan.

“Kami sudah melakukan beberapa kali simulasi untuk pelaksanaannya. Selain itu Undip juga telah menyiapkan fasilitas dan pelayanan prima bagi peserta UTBK difabel,” katanya.

Hery priyono