blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mencoba mobil listrik tenaga surya karya siswa SMA Muhammadiyah Gombong, Senin 12/4.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Mobil listrik tenaga surya hasil karya Siswa SMA Muhamadiyah Gombong resmi diluncurkan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Senin (12/4), di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Mobil listrik tersebut merupakan kendaraan pertama di Kebumen dengan memanfaatkan energi terbarukan. Peluncuran dihadiri Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah Kebumen M Abduh Hisyam, Ketua Muhammadiyah Gombong Widianto dan Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah Gombong Fachrudin Mubarok.

Bupati Arif Sugiyanto mengapresiasi dan bangga atas hasil inovasi yang dimiliki oleh para siswa SMA Muhamadiyah Gombong. Menurutnya, ini menunjukkan, anak-anak SMA di Kebumen memiliki kreativitas yang tinggi.

‘’Ini sangat bagus dan patut diapresiasi. Sebelumnya para siswa SMP Muhamadiyah Kebumen juga sudah bisa menciptakan roket tenaga air. Ya meskipun sederhana, tapi ini menunjukkan anak-anak Kebumen memiliki bakat yang tinggi,’’ujar Bupati.

Menurut Bupati, adanya kendaraan ramah lingkungan ini selaras dengan program Pemerintah Go Green, dimana harapanya  kendaraan tersebut tidak menimbulkan polusi sperti kendaraan berbahan bakar fosil.

“Pemerintah Kabupaten Kebumen saat ini juga memiliki anggaran sebesar Rp 500 juta, untuk mendukung kreativitas para siswa SMA dan SMK di Kebumen,” tutur Bupati.

Sementara itu Slamet selaku  guru Fisika di SMA Muhammadiyah Gombong mengatakan, untuk pembuatan mobil listrik tenaga Ssrya ini pihak sekolah menghabiskan dana Rp 20 juta. Proses pembuatannya memakan waktu 2 bulan.

Slamet berharap dengan karya ini dapat memotivasi anak anak bangsa lainya agar tetap produktif meskipun ditengah pandemi covid 19. Anak-anak Indonesia harus kreatif memanfaatkan apa yang ada disekitar untuk terus berkarya meskipun ditengah Pandemi covid 19 saat ini.

Banyak sekali energi terbaharukan yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, salah satunya yang paling melimpah adalah sinar matahari,’’jelas Slamet.

Komper Wardopo