blank
foto: jabar.poskota

(SUARABARU.ID)- Saat menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan, umat Islam terkadang tidak menyadari bahwa dirinya melakukan suatu perkara yang dapat mengurangi pahala puasa.

Dalam menjalankan puasa Ramadhan memang sebaiknya dibarengi dengan perilaku yang tidak akan mengurangi pahala puasa, dengan kata lain, melakukan hal-hal baik yang dianjurkan oleh Islam.

Seperti dilansir jabar.poskota.co.id, Terdapat 4 perkara yang mengurangi pahala puasa Ramadhan, dan perkara nomor 2 adalah yang paling sering dilakukan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Besok Rabu 7 April 2021, Leo Semakin Membaik, Cancer Lebih Dewasa

Selama menjalani puasa Ramadhan, umat Islam perlu menghindari beberapa perkara yang bisa mengurangi pahala saat menunaikan ibadah ini.

Namun dalam praktik sehari-hari, berusaha agar tidak melakukan perkara yang bisa mengurangi pahala puasa Ramadhan kita kenyataannya sangat sulit, dan berikut 5 perkara yang mengurangi pahala puasa Ramadhan kita.

Berbohong
Perkara pertama yang dapat mengurangi pahala puasa Ramadhan yaitu adalah berbohong. Berbohong seringkali kita lakukan tanpa sadar, dan perkara sepele ini sebenarnya memiliki andil besar dalam mengurangi pahala puasa Ramadhan kita.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Besok Selasa 6 April 2021, Leo Diam Itu Emas, Pisces Terjebak Situasi

Ghibah
Aktivitas mengghibah menjadi kegemaran banyak orang yang tidak disadari ternyata dapat mengurangi pahala puasa Ramadhan. Ghibah atau membicarakan orang lain, entah itu membicarakan keburukan atau kebaikan seseorang, tetap saja ghibah mampu menyebabkan pahala puasa Ramadhan kita berkurang.

Memfitnah
Perkara yang ketiga ini sudah jelas sangat tidak dibenarkan, karena bisa berujung mengadu domba seseorang dengan orang lainnya, sebab berita yang diceritakan belum terbukti kebenarannya. Memfitnah termasuk perbuatan kejam, karena bisa menyebabkan trauma pada seseorang yang difitnah.

Sumpah Palsu
Sumpah palsu adalah memberikan kesaksian dan keterangan yang tidak sebenarnya tentang suatu masalah. Sumpah palsu ini diucapkan biasanya untuk melindungi diri sendiri dari jeratan hukum negara maupun hukum Allah.

Baca Juga: Alasan Lee Donghae Super Junior Jadi Model Klip “The Heart You Hurt” Rossa

Dan sudah sangat jelas jika sumpah palsu ini tidak diperbolehkan, dan meskipun tidak membatalkan puasa secara syarat sahnya, namun mampu mengurangi pahala puasa Ramadhan.

Dengan demikian, hendaknya kita hindari 4 perkara yang mengurangi pahala puasa Ramadhan kita, terlebih lagi untuk perkara yang nomor 2, sebaiknya menahan diri dari ghibah.

Itulah empat perkara yang bisa mengurangi pahala saat menjalani ibadah puasa Ramadhan.

Claudia