blank
Timsus Harimau dari Samapta Polres Wonogiri, dilibatkan dalam melakukan sterilisasi gereja.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk mensterilisasi gereja, Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Christian Tobing, menurunkan Timsus Harimau dan anjing pintar dari Unit K-9.

Itu dilakukan dalam menciptakan situasi kondusif, aman, nyaman dan damai. Agar umat Kristiani tenang melaksanakan ibadah dan perayaan Paskah, Jumat (2/4) besok.

Menjaga keamanan yang kondusif, dilakukan untuk antisipasi aksi bom bunuh diri, sebagaimana terjadi di pintu gerbang Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) lalu.

Kapolres, menginstruksikan, patroli gabungan digencarkan. Dalam mensterilisasi gereja, dilengkapi alat metal detector. Juga dikerahkan anjing-anjing pelacak dari unit K-9.

Tim Gabungan
Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, Kamis (1/4), menyatakan, tempat ibadah di kota disterilisasi oleh tim gabungan Polres Wonogiri.

blank
Anjing pintar dari Unit K-9 Polres Wonogiri, disertakan ketika Tim Gabungan melakukan sterilisasi ke sejumlah gereja.

Yakni Gereja Kristen Jawa (GKJ) Kota Wonogiri di Sanggrahan dan Wonokarto. Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Pelem. Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul dan Gereja Bethel Indonesia Tiberias.

Untuk sterilisasi gereja-gereja yang kedudukannya di luar Kota Wonogiri, dilakukan serentak oleh masing-masing Polsek setempat.

Bersamaan itu, jajaran Polres juga mengamankan sejumlah objek vital (Obvit), seperti Stasiun KA, terminal bus, terminal angkudes dan terminal angkot.

Juga kantor- kantor perbankan dan pertokoan, termasuk toko emas, pasar dan pusat perniagaan, sebagai antisipasi terhadap kemungkinan yang tidak diinginkan.

Ancaman Teror
Utamanya ancaman teror dan gangguan Kamtibmas dari pihak-pihak yang ingin mengacaukan suasana ibadah dan perayaan Paskah 2021.

blank
Kapolres AKBP Christian Tobing (kiri) mengecek sendiri persiapan dan pengamanan perayaan Paskah ke sejumlah gereja.

Ikut dilibatkan dalam dalam tim gabungan pengamanan Paskah, para personel dari Timsus Harimau Samapta bersama unit lain.

Unit K-9 melibatkan Brigadir Rangga dan Bripda Kurniawan, sebagai pawang anjing pintar, dengan membawa anjing Delly, Labrador dan Male.

Kapolres AKBP Christian Tobing, mengecek langsung persiapan Paskah ke sejumlah gereja. Yakni ke Geraja Santo Yohanes Rasul Wonogiri, Gereja Paroki Santo Yusuf di Baturetno.

Juga ke Gereja Santo Ignatius Danan di Kecamatan Giriwoyo, dan Gereja Santo Petrus di Kecamatan Pracimantoro. Sejumlah gereja tersebut, memiliki umat yang jumlahnya banyak.

Kapolres sekaligus memberikan pengarahan kepada pengurus dan pemuda gereja, dalam membangun kebersamaan untuk mewujudkan siatuasi Kamtibmas yang kondusif, aman dan nyaman.

Bambang Pur