Personel TNI yang menerima vaksin dalam program percepatan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, serbuan vaksinasi di Balai Diponegoro Makodam IV/Diponegoro, Jl. Perintis Kemerdekaan, Watugong, Jum’at (26/03/2021).  Foto : Dok. Pendam IV/Dip

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kodam IV/Diponegoro gelar serbuan vaksinasi Covid-19 bagi jajaran anggota TNI yang masih bertugas maupun yang sudah purna di Balai Diponegoro Makodam IV/Diponegoro, Jl. Perintis Kemerdekaan, Watugong, Jumat (26/03/2021).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Virus Covid-19.

Kegiatan serbuan vaksinasi menuju Indonesia Sehat ini, secara keseluruhan diikuti sebanyak 3.990 orang, yang berasal Semarang sebanyak 1.394 orang, Surakarta 945 orang, Magelang 659 orang dan D.I Yogyakarta sebanyak 992 orang. Yang terdiri dari anggota TNI aktif, juga ASN serta veteran dan Warakawuri TNI-Polri, juga Garnisun.

Program yang dijalankan tersebut, merupakan upaya bersama dalam rangka mendukung program pemerintah. Melalui Kementerian Kesehatan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima vaksin Astra Zeneca sebanyak 130.000, untuk mendorong percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Virus Corona melalui anggota TNI yang masih aktif maupun yang sudah purna dan PNS.

Penerima vaksin Astra Zeneca tahap I ini, para personel yang belum menerima vaksin Covid 19. Sedangkan pemberian vaksin Astra Zeneca tahap II akan dilaksanakan  2 hingga 3  bulan kemudian, setelah vaksin tahap I.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Kav Susanto SIP, MAP mengungkapkan, program vaksinasi ini sangat penting dalam meningkatkan  imunitas atau herd immunity untuk para prajurit untuk mencegah tertularnya virus corona.

“Ini suatu upaya dan langkah kita untuk menyelesaikan pandemi ini. Kita berharap dengan vaksinasi ini pandemi segera berakhir,” pungkas Kapendam IV/Diponegoro.

Absa-wied